Tragedi Sukhoi : Muncul Dugaan Pesawat Dibajak

[imagetag] [Image: 184942_82843_sukhoi_superjet_hijack.jpg]
(ayo!! kerja keras!!!)

[imagetag] [Image: 185242_988937_sby_shukoi.jpg]
Presiden SBY memberi keterengan pers mengenai Sukhoi di Halim Base Ops Jakarta, Kamis (10/5). Presiden menunjukkan titik koordinat pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh. Foto: Abror Rizki / RUMGAPRES

JAKARTA - Jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Jawa Barat menjadi isu hangat di media-media dunia dua hari terakhir. Hampir semua kantor berita asing merelay kabar jatuhnya burung baja sipil pertama buatan Rusia pasca runtuhnya Uni Sovyet ini. Kini yang menjadi perbincangan adalah apa penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Banyak argumentasi yang bermunculan mulai dari kegagalan sistem operasi pesawat, kesalahan pilot hingga yang lebih ekstrim tentang dugaan pembajakan. Situs endthelie.com mengumpulkan sejumlah opini mengenai dugaan penyebab jatuhnya Superjet ini.

Kejanggalan pertama yakni alasan autoritas pengawas udara (ATC) mengizinkan pesawat menurunkan ketinggian terbang dari 10 ribu kaki menuju ketinggian enam ribu kaki. Padahal di area tersebut terdapat pegunungan dengan ketinggian sekitar 6158 kaki.

''Terdapat sebuah gunung setinggi 6,158 itu sangat sulit,'' ujar Magomed Tolboev salah seorang test pilot kenamaan asal Rusia yang pernah menerbangkan pesawat di kawasan Gunung Salak seperti dikutip endthelie.com Kamis (10/5).

''Si Pilot harus telah melihat gunung karena pesawat sangat modern. (Pesawat) ini dilengkapi dengan semua peralatan penerbangan terbaru,'' imbuhnya.

Namun demikian menjadi pertanyaan jika Gunung Salak tak diketahui oleh Pilot mengingat pesawat ini memiliki alat pendeteksi ketinggian objek di areal terbang.

Sementara itu jikapun ada pembajakan, setidaknya posisi pesawat akan terdeteksi di radar jika terjadi ancaman. Hal ini ditegaskan But Chris Yates seorang pakar penerbangan yang menyebut pesawat secanggih Superjet 100 memiliki sistem pemberitahuan tersebut.

Sementara itu David Learmount, mantan editor website penerbangan Flightglobal, menduga adanya kesalahan pada pilot selaku pengendali pesawat. Dalam kasus ini ia, menduga Pilot melakukan manuver untuk menguji kinerja pesawat di hadapan para calon pembeli pesawat yang ikut dalam penerbangan.

''Ini adalah demo penerbangan. Terkadang pilot atau para kru membawa pesawat hingga batas (kemampuan) mereka,'' ujarnya.(zul/jpnn)

Gimana?? [imagetag] Think

(author unknown) 10 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...