Lepas IPO Facebook, Zuckerberg Terkaya di Dunia

Mark Zuckerberg diperkirakan akan masuk jajaran orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$ 17,6 miliar (sekitar Rp 158 triliun) ketika Facebook mulai melantai di bursa pada 18 Mei 2012. Pemuda berusia 27 tahun ini mengalahkan kekayaan CEO Microsoft, Steve Ballmer, 56 tahun.

Berdasarkan dokumen regulator keuangan Amerika seperti dikutip Daily Mail, Zuckerberg juga menyalip kekayaan Michael Dell, 47 dan konglomerat Rusia Vladimir Lisin, 55. Meski sudah melantai di bursa, Zuckerberg dilaporkan masih menguasai 58 persen suara di perusahaan jejaring sosial tersebut.

Harga saham Facebook ditetapkan USD 28 - 35 dalam penawaran perdana (IPO) sehingga berpotensi meraup dana USD 79,3 miliar. Penawaran perdana ini bisa melonjak hingga USD 11,8 miliar. Ini adalah IPO terbesar dalam sejarah Silicon Valley. Sebagai perbandingan, Google hanya memperoleh USD 1,9 miliar dari IPO 2004.

[Inilah Karya Pertama Pendiri Facebook]

Zuckerberg yang genap berusia 28 tahun bulan ini masih tetap akan mengontrol Facebook meski sudah melantai di bursa. Zuckerberg akan menguasai 31,5 persen saham Facebook setelah IPO. Dia juga dijamin akan memiliki 58 persen suara ketika perusahaan ini akan melakukan langkah strategis.

Sumber : Lepas IPO Facebook, Zuckerberg Terkaya di Dunia

iandi 08 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...