Korsel Sebut Korut Anak Nakal

[imagetag]

SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel) Lee Myung Bak menyebut Korea Utara (Korut) bagaikan anak nakal yang sering melawan orangtuanya. Pernyataan itu diucapkan Lee di depan 550 anak-anak dari keluarga kurang mampu di Korsel.

"Korut menghabiskan banyak uang untuk meluncurkan roket, dan anak-anak Korut menderita kekurangan gizi. Mereka terlihat lebih pendek dibanding anak-anak Korsel," ujar Lee, seperti dikutip Dong A Ilbo, Selasa (8/5/2012).

"Meski mereka (Korut) hidup dalam kemiskinan, Korut selalu menghabiskan uangnya untuk kebutuhan militer. Seluruh negara di dunia ini mendesak Korut agar menggunakan dananya untuk meningkatkan kesehatan anak-anak, nenek, serta warga yang kurang mampu di negaranya. Hal ini sangat buruk, Korut tidak pernah mendengar perkataan dari pihak luar, Korut bagaikan anak nakal," imbuhnya.

Lee menambahkan, bila seluruh negara di dunia ini bergabung dan menyerukan Korut agar menghentikan aksinya, Korut tentunya akan menaati perkataan dari komunitas internasional secepat mungkin.

Setelah Korut meluncurkan roketnya pada 13 April lalu, Lee melontarkan kecamannya terhadap negeri komunis itu lewat stasiun radio Pemerintah Korsel. Kecaman pun tidak hanya diutarakan di radio miliknya, namun juga dilontarkan lewat pidatonya di Badan Pembangunan Pertahanan Korsel dan Dewan Penasihat Unifikasi Korea.

Lee juga sempat mengkritisi perayaan 100 tahun Kim Il Sung yang digelar di Kota Pyongyang. Perayaan itu dinilai menghambur-hamburkan uang, namun Lee justru mendapat kecaman dari pihak Korut.

nagaco 08 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...