Gaji Hakim Ad Hoc Kecil, Istri Protes

[imagetag]

Jakarta 9 Orang Hakim Ad Hoc yang tergabung dalam Forum Komunikasi Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Internasional (Forkom-HAPHII) mendatangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB). Kedatangan mereka untuk menyampaikan keluh kesah mengenai kesejahteraan yang selama ini dianggap masih kurang.

"Kita merasa ada diskriminasi antara pendapatan kami dengan Hakim Ad Hoc yang menangani Tipikor. Padahal status kami sama sebagai hakim di pengadilan tingkat provinsi," ujar Ketua Forkom HAPHII, Sahala Aritonang, di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN dan RB), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (1/5/2012).

Dalam pertemuan tersebut, beberapa Hakim Ad Hoc Peradilan Industri sempat menyampaikan curahan hatinya. Mereka mengeluhkan gaji hingga tunjangan kesehatan yang dirasa kurang atau belum terpenuhi.

"Saya itu tugas di PN Manokwari, istri saya tinggal di Surabaya. Dengan gaji Rp 5,5 juta, bayangkan saya harus menghidupi dua tungku. Saya juga tidak boleh sakit, karena tidak ada tunjangan kesehatan," ujar Hakim Ad Hoc yang bertugas di Manokwari, Papua, Subekti.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hariyanto, hakim yang bertugas di Pangkalpinang, Kepri. Menurutnya apa yang didapatnya sekarang jauh lebih kecil daripda saat dia masih di perusahaan swasta dulu.

"Gaji Rp 5,5 juta ini jauh lebih kecil dari yang dulu saya dapatkan. Istri saya juga komplain kenapa dapat jatah lebih kecil," ucapnya.

Karena merasa ada diskriminasi ini, mereka menuntut untuk setidaknya hak mereka dapat disamakan dengan Hakim Ad Hoc Tipikor, atau paling tidak sesuai dengan hak mereka di UU sebagai pejabat negara.

Menanggapi masalah ini, Deputi SDM KemenPAN Ramli Naimbaho akan membawa masalah ini dalam rapat dengan pihak terkait. Meski belum bisa menjanjikan waktu kapan tuntutan para hakim tersebut akan direalisasikan.

"Saya belum tahu kapan. Tapi untuk APBN kan biasanya pidato Presiden 16 Agustus. Tapi tetap kita sampaikan aspirasi ini," ujarnya.



Sumber:

blackmild 01 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...