Sisa Anggaran (SILPA) prov. Jabar pimpinan Aher sangat besar, Contoh Buruk?

Sisa Anggaran (SILPA) prov. Jabar pimpinan Aher sangat besar, Contoh Baik atau Contoh Buruk?.

Sangat spektakuler nilai SILPA provinsi Jawabaran pinpinan gubernur Muda Ahmad heryawan yang juga dikenal sebagai kang Aher. Sebagian orang mencibirkan beliau karena yang terbayang, adalah daya serap angaran yang minim. Ini adalah pendapat orang yang perlu sekitar 10 atau 20 tahun lagi menyelesaikan sekolah dasar.
Mengapa karena orang semacam ini sangat tidak mengerti darimana sumber Silpa. Lantas darimana saja sumber Silpa.
1. Pendapatan Asli Daerah yang sangat besar sehingga pendapatan melampaui pengeluaran. Surplus dari dana inimenjadi bagian dari SILPA. berikut sebagai contoh:

"Dari data yang ada menyebutkan, realisasi pendapatan tahun 2009 sebesar 1,2 triliun, sementara belanja sebesar Rp 1,1 triliun sehingga surplus Rp 32.073 milyar. Sementara penerimaan pembiayaan sebesar Rp 154,438 milyar dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 2, 4 milyar maka surplus Rp 32,073 milyar."
http://www.jatengprov.go.id/?mid=war...order_type=asc
berita di atas bagian dari prestasi kabupten setempat, padahal pembahasannya itu adalah keberadaan SILPA.

2. Efisiensi Proyek antara pagu proyek dengan realisasi pemenang tender.

Sebagai Contoh Singkatnya: misalkan sebuah proyek jalan memiliki pagi 2 milyar rupiah. Angka 2 milyar ini untuk seluruh indonesia baik di kota, kabupaten, ataupun provinsi bahkan pusat, plus penghitungan para profesional sangat akurat. Termasuk didalamnya adalah keuntungan bagi perusahaan pemenang tender. Kemudian setelah dilakukan tender, sebut saja perusahaan pemenang berani kasih harga 1,85M. Kemana sisa 150 juta,. Maka inipun bagian dari SILPA. Perlu di catat, bisa dikatakan secara logika, tidak ada pemenang tender dengan nilai yang sama persis dengan pagu. Bila terjadi, patut diduga terjadi kongkalikong. Kasus ini juga berlaku utk efisiensi seperti rapat rapat dinas, bahan bakar pejabat, dan lain lain.

3. Selain 3 Poin di atas ada juga SILPA dalam konteks kegiatan yang tidak berprestasi, yaitu ketika program macet tidak terlaksana.
Kemudian darimanakah SILPA provinsi kang Aher? Sebetulnya hal ini sudah terlalu umumj diketahui. Justru ini bagian prestasi yang bisa dikatakan satu satunya provinsi yang surplus anggaran, baik karena PAD yang melebihi target, maupun efisiensi anggaran. Bahkan saya seyakin yakinnya, diantara sekian banyak penghargaan yg diterima Kang aher justru pendapatan yg menjadi SILPA yang sangat besar.
"""Terkait SiLPA pada APBD 2010 yang naik 2 kali lipat dibanding 2010, Ruddy menuturkan, peningkatan itu karena adanya over target penerimaan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun dan efisiensi belanja sebesar Rp 1,14 triliun serta koreksi kontrak kerja Rp 30,3 miliar."""
http://www.pikiran-rakyat.com/node/151840

silahkan termelongo melongo atau terbengong bengong,.. tapi yg ayannya mau kambuh juga boleh..

dari 3 point diatas tentunya preseden terburuk adalah point no 3. TAPI ternyata ada yang lebih ekstrim dan buruk lagi dari sekedar SILPA yang besar program tidak berjalan. Atau SILPA nol plus plus. Tapi program jalan apakah itu :
"Program jalan, nilai-nilai proyek sesuai dgn ajuan SKPD (dinas-dinas), yg artinya di di ACC seratus persen oleh legislatif, tapi prakteknya duitnya kurang. Mending kalau kurangnya sekedar 2 atau 3 persen. 5% saja terhitung parah. Tentunya layak disebut PRIMITIF bila di atas 10%.
Ini sebagai contoh kasus :

""""Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi III DPRD Kota Solo sempat mengusulkan agar pembangunan dua pasar itu ditunda. Hal itu menyusul adanya selisih kebutuhan anggaran pembangunan di masing-masing pasar tersebut, antara perhitungan dari Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) dengan analisis dari konsultan.
Menurut analisis konsultan, pembangunan Pasar Depok bakal menyedot anggaran hingga Rp14,8 miliar. Sementara anggaran yang telah ditetapkan dalam APBD 2012 hanya Rp 10,4 miliar. Artinya, ada kekurangan anggaran senilai Rp4,4 miliar.""""

http://www.harianjogja.com/2012/solo...ibangun-171731


Berapa persen selisihnya?

ngkong-bandar-bangkong 27 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...