Perempuan Transgender kini Bisa Ikutan Miss Universe

Keikutsertaan Miss Universe perwakilan Kanada, Jenna Talackova, dalam kontes Miss Universe membawa perubahan besar. Karena Talackova, kini ajang kecantikan dunia itu mengizinkan perempuan transgender ikut berkompetisi.

Dalam rilis Aliansi Gay dan Lesbian Melawan Fitnah (GLAAD) dan Organisasi Miss Universe, dikatakan keduanya sudah mendiskusikan masalah transgender selama dua pekan. Hasilnya, Miss Universe setuju mengubah kebijakannya "Perempuan transgender bisa ikut berkompetisi di ajang kecantikan."

Sebelumnya, Organisasi Miss Universe mendiskualifikasi Talackova dengan alasan dia tidak terlahir sebagai perempuan. Oleh karena itu, GLAAD langsung turun tangan dan menemui perwakilan Miss Universe. "Dalam pembicaraan itu, Organisasi Miss Universe dan Donald Trump mengatakan mereka terbuka untuk mengubah kebijakannya," kata juru bicara GLAAD, Herndon Graddick.

Menurut Presiden Organisasi Miss Universe, Paula Shugart, lembaganya tidak pernah tutup mata akan keberadaan transgender. "Kami mendukung kesetaraan bagi semua perempuan," kata Shugart. Karena itu, Miss Universe dan Trump mengubah kebijakan mereka.

Perubahan aturan kontes itu diumumkan Organisasi Miss Universe pada Selasa waktu setempat. Tepat tujuh hari setelah Talackova kembali diizinkan berlaga dalam kontes Miss Universe Kanada, Mei mendatang. "Perubahan kebijakan ini secara resmi berlaku mulai 2013 di seluruh dunia," ujar Shugart.

[imagetag]

Talackova merupakan warga Vancouver, Kanada, yang terlahir sebagai laki-laki. Sampai 2008, Talackova masih berstatus laki-laki. Setelah itu, dia berubah menjadi perempuan. Karena tidak terlahir sebagai perempuan, panitia Miss Universe Kanada mendepak Talackova dari kontes ke-61 itu. Talackova pun memohon pemimpin kontes untuk mengubah aturan. "Saya seorang wanita," kata Talackova. "Saya sangat terpukul dan merasa mendapat perlakuan tidak adil. Saya tidak pernah meminta pertimbangan khusus. Saya hanya ingin bersaing," ujarnya.

SUMBERRR

wew...
gimana ya?
ane sih ngerasanya aneh....
agan gimana?

gadisprimadona 13 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...