Marzuki: Target DPR Selesaikan RUU Gagal

Quote:

Hanya dua RUU yang diselesaikan menjadi UU dari target DPR sebanyak 12 RUU.

[imagetag]

Jakarta- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie menyatakan bahwa DPR gagal menyelesaikan target Rancangan Undang-undang pada masa sidang kali ini.

Menurutnya, sebab hanya dua RUU yang diselesaikan menjadi UU dari target DPR sebanyak 12 RUU yang rencananya diselesaikan.

Namun, Marzuki menilai itu tidak semata kesalahan di DPR. Sebab, pemerintah juga berkontribusi atas minimnya RUU yang diselesaikan pada masa sidang kali ini.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Badan Legislasi dan Komisi yang terkait secara rutin. Kami menanyakan dari 16 luncuran, mereka mengharapkan 12 bisa diselesaikan. Tetapi, nyatanya yang bisa diselesaikan hanya dua RUU. Memang menyedihkan, memang memprihatinkan," kata Marzuki di Gedung DPR, Jumat 13 April 2012.

Tapi, dia menambahkan, itu bukan tidak semata-mata karena kesalahan dari DPR. Sebab, sebagian itu karena permintaan penundaan dari pemerintah pada saat pembahasan atau pun pengesahan di tingkat II Rapat Paripurna, walaupun telah diketuk di Tingkat I.

Selain itu, penyebab lain tak terpenuhinya target adalah karena komisi terkait tidak melapor ke pimpinan DPR jika menemui hambatan (deadlock) saat pembahasan materi RUU dengan pihak pemerintah.

Padahal, menurut Marzuki, jika komisi terkait mengkomunikasikan hambatan itu, pimpinan DPR bisa membantu penyelesaian hambatan itu dengan cara berkonsultasi ke Presiden.

"Berbagai RUU seperti OJK, BPJS yang deadlock dengan pemerintah dan dilaporkan ke pimpinan DPR. Lalu, pimpinan berkonsultasi dengan Presiden. Buktinya, itu bisa diselesaikan," kata dia.

Marzuki menuturkan, dirinya juga telah menyampaikan kepada para ketua komisi agar melapor ke pimpinan DPR jika mendapatkan hambatan saat pembahasan RUU dengan pihak pemerintah.

"Tolong (masyarakat) pahami, bahwa memang kuasa membuat undang-undang berada di DPR, tetapi itu harus bersama co legislatornya, yaitu pemerintah. Kalau pemerintah tidak setuju, apapun ceritanya (alasannya), maka RUU itu tidak akan berjalan. Jadi, kita majukan kembali," kata dia.(sj)

SUMBER BERITA LENGKAP

tobek 13 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...