Menkum HAM Klaim Tak Ada Lagi HP di Penjara

[imagetag]

Jakarta Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menegaskan komitmennya membenahi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Amir mengatakan pihaknya telah melakukan penyitaan telepon genggam di semua Lapas.

"Semua alat komunikasi apapun bentuknya, apakah itu HP telah disita. Kami juga instruksikan pihak Lapas untuk melakukan inventarisasi tanpa publikasi dan gembar gembor yang berlebihan. Mereka sudah melakukan instruksi saya," kata Amir di Kantor Ditjen HAKI, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (25/4/2012).

Amir memastikan pihak Lapas tidak akan mentolerir adanya pelanggaran napi, seperti membawa alat komunikasi. Menurutnya, petugas Lapas akan menindak tegas ulah nakal narapidana.

Selain itu, Amir menginginkan setiap penertiban mengikutsertakan media massa sebagai bentuk transparansi. "Saya minta setiap langkah penertiban di Lapas di manapun agar segera diinformasikan ke rekan-rekan media agar informasi diketahui publik,"

Kemenkumham sudah berulangkali melakukan razia di Lapas dan Rutan. Razia juga dilakukan untuk menyisir adanya narkoba di balik jeruji sel. Pekan lalu kementerian melakukan razia di LP Cipinang.

Hasilnya ratusan telepon genggam, laptop, kompor listrik termasuk VCD disita dari tangan narapidana.

torres giopaolo 25 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...