Game Fantasi Bantu Atasi Masalah Depresi Pada Anak

Quote:

Manfaat mengenai game terhadap anak-anak masih menjadi perdebatan. Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan game memberikan sisi positif, khususnya untuk memberikan terapi kepada para remaja yang mengalami depresi.

Studi yang telah dipublikasikan dalam British Medical Journal itu menemukan bahwa banyak remaja yang saat ini rentan mengalami depresi.

Untuk mengatasi masalah itu, peneliti dari University of Auckland dan University of Otago mengembangkan sebuah game fantasi interaktif yang dinamakan Sparx. Game tersebut dibuat berbentuk 3D.
Quote:

[imagetag]
Quote:

Dalam game ini, pemain bebas memilih avatar yang mereka inginkan. Mereka kemudian ditantang untuk menjalani berbagai quest yang diberikan, dimana tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan keseimbangan dunia virtual yang dirusak oleh bangsa 'Gnats' (Gloomy Negative Automatic Thoughts).

Dan dari hasil yang didapat, para peneliti menemukan bahwa game yang bersifat menolong diri sendiri itu, memiliki keuntungan yang sama besar dengan terapi psikis pada umumnya. Setidaknya, dengan bermain game itu, perasaan depresi, stres hingga galau, dapat berkurang hingga sepertiganya.

Studi yang melibatkan sekitar 187 remaja itu juga mengungkapkan bahwa 44% dari mereka yang berhasil menyelesaikan empat sampai enam modul tantangan di dunia Sparx, mampu sembuh dan keluar total dari masalahnya.

Jumlah itu bahkan lebih besar dibandingkan dengan jumlah 26% remaja yang sukses menjalani terapi lewat psikiater.

"Penggunaan program (game) ini berhasil mengurangi perasaan depresi, keresahan serta keputusasaan secara signifikan sekaligus meningkatkan kualitas hidup," demikian tulis para ilmuwan dalam jurnal tersebut.
Sumber : Game Fantasi Bantu Atasi Masalah Depresi Pada Anak

ayyoub 23 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...