499.SUMMIT, Inilah Konsep Penjara Masa Depan

Quote:

Terinspirasi dari rasa prihatin dengan kondisi dan sistem manajemen lembaga permasyarakatan (red - LPS), dua orang mahasiswa dari Universitas Pennsylvania menciptakan sebuah konsep unik mengenai penjara masa depan.

Dibantu oleh Matthias Hollwich sebagai instruktur, Andreas Tjeldflaat dan Greg Knobloch mengajukan sebuah konsep alternatif mengenai penjara yang ada di seluruh Amerika Serikat.

Konsep tersebut terdiri dari bangunan penjara bertingkat yang sangat unik. Bentuknya sangat berbeda dari kebanyakan penjara pada umumnya. Gedung yang dibuat oleh Andreas dan Greg lebih menyerupai gedung perkantoran bertingkat.
Quote:

[imagetag]
Quote:

Yang menarik, konsep yang diberi nama 499.Summit ini tidak hanya menawarkan sebuah penjara dengan desain gedung yang inovatif, namun juga memberikan solusi bagi para napi untuk kembali menjalani hidupnya bersama masyarakat setelah menjalani masa hukuman.

Selama ini statistik mencatat bahwa tingkat hunian penjara setiap tahunnya semakin meningkat. Faktanya hampir dua pertiga dari jumlah 14.000 napi yang ada keluar dari penjara untuk kemudian kembali lagi dalam waktu kurang dari lima tahun.
[imagetag]
Quote:

Baik Andreas dan Greg memandang bahwa sistem penjara yang ada di Amerika Serikat saat ini gagal memberikan efek positif kepada para penjahat. Dengan alasan itulah Andreas dan Greg menciptakan solusi ini.

499.Summit menawarkan tiga fase penanganan napi, yakni Incarceration (Penahanan), Transformation (Transformasi) dan Integration (Penyatuan).

Di tingkat awal, para napi yang baru masuk diletakkan di dalam ruang teratas untuk menjalani proses pengurungan. Setelah melewati masa isolasi, napi yang lulus masuk ke tahapan kedua dengan turun satu tingkat ke ruang transformasi.
[imagetag]
Quote:

[imagetag]
Jika mereka berhasil melewati fase ini, para napi kemudian masuk ke dalam fase terakhir, yakni integrasi dengan masyarakat. Di sini mereka akan menempati lantai terbawah dan secara bertahap mulai dibuat berinteraksi dengan komunitas umum. Dengan demikian, proses tersebut semakin mempermudah masa transisi mereka kembali ke masyarakat.


Sumber : 499.SUMMIT, Inilah Konsep Penjara Masa Depan

ayyoub 23 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...