[Sukhoi Update] Terbakar, Kotak Hitam Sukhoi Masih Bagus



[imagetag]
Quote:

Ketua Tim SAR Gabungan Danrem 061 Surya Kencana Kolonel Infantri AM Putranto (kanan), menerima kotak hitam (Black Box) pesawat Sukhoi dari komandan tim Kopassus Lettu Taufik (kir) yang menemukan kotak hitam (Black Box) pesawat Sukhoi Super Jet 100


REPUBLIKA.CO.ID, CIPELANG -- Kotak hitam atau black box Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan Kopassus di Gunung Salak memang sempat terbakar. Namun, api ternyata hanya membakar bagian luar dari kotak hitam tersebut.


Sedangkan bagian depan kotak berisi rekaman kegiatan pesawat sebelum menabrak Gunung Salak itu ternyata masih dalam kondisi baik. "Saya yakin bahwa kotak hitam itu tidak rusak. Memang sempat terbakar, tapi hanya di luar," ujar investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Kapten Khairudin.
Menurutnya, di sejumlah kecelakaan pesawat, kotak hitam memang sering kali tebakar. Namun, dari sejumlah kejadian itu hanya sedikit berpotensi merusak isi dari kotak yang sejatinya berwarna oranye.


Kotak hitam Sukhoi sendiri saat dibawa ke posko utama sudah berwarna kehitaman dan tidak lagi menampilkan identitas warnanya yang memiliki corak oranye. KNKT yang hadir langsung ke posko sudah memastikan bahwa barang yang dibawa Kopassus itu adalah kotak hitam. "Betul. Positif itu adalah kotak hitam. Kami akan mengikuti mekanisme penyerahannya terlebih dahulun baru kemudian bisa dibawa untuk ditelaah," ujarnya.


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...