Jangan Digeneralisir Alumni UI & UGM Koruptor

[imagetag]

Jakarta Pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie cukup mengejutkan. Bersandar fakta, dia menyebut pelaku korupsi selama ini berasal dari universitas terkemuka. Koruptor berasal antara lain alumni UI dan UGM. Pernyataan Marzuki ini pun dikritisi. Korupsi tidak ditentukan berdasarkan universitas.

"Jangan digeneralisir seperti itu karena universitas sudah lama berdiri dan berperan," kata mantan Ketua Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein yang juga alumni UI saat dikonfirmasi, Senin (7/5/2012).

Yunus yang dahulu berkuliah di Fakultas Hukum UI ini menjelaskan, bila ada alumni UI yang terjerat korupsi, sepenuhnya lepas dari universitas. Mereka terjerat bukan hanya karena salah individu, tetapi juga kesalahan sistem.

"Sistem yang memungkinkan suburnya korupsi," jelas Yunus.

Senada dengan Yunus, alumni UGM yang juga aktivis ICW Emerson Yuntho meminta agar Marzuki tidak bicara sembarangan. Marzuki harus bicara berdasarkan data.

"Korupsi tidak ada relevansinya dengan asal perguruan tinggi. Namun dari mana pun asal kampusnya, jika terbukti korupsi harus kita berantas," tuturnya.

source

Hotsuma 07 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...