Dirjen Pajak : Aparat Pajak Harus Tingkatkan Kualitas

Dirjen Pajak : Aparat Pajak Harus Tingkatkan Kualitas

Quote:

Quote:

[imagetag]

Quote:

Direktorat Jenderal Pajak Fuad Rahmany bakal satroni 32 ribu pegawainya di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk imbauan agar seluruh pegawainya tersebut mau memperbaiki kualitas diri guna meningkatkan kinerja sebagai tombak penerimaan negara.

"Saya keliling Indonesia, saya datangi semua kantor wilayah ke seribu, seribu saya datangi semuanya, 32 ribu ini akan saya datangi semuanya. Itu program saya tahun ini, saya harap tahun ini selesai ketemu 32 ribu pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia," tegasnya Fuad, pada hari Sabtu lalu.

Menurut Fuad, perbaikan kualitas ini guna memberdayakan para aparat yang telah ada sembari menunggu adanya tambahan aparat yang berkualitas. Namun, Fuad mengaku sulit mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas karena memang sedikitnya SDM berkualitas tersebut di Indonesia.

"Jadi memang kita secara kuantitas saja sudah kurang dan kualitas harus kita tingkatkan lagi, tapi tidak bisa bilang salah selama ini karena tidak ada yang bisa kita salahkan, ini kan masalah SDM memang masalah negara kita bukan masalah DJP saja, semua akan bilang yang sama," tegasnya.

Selain itu, guna memperbaiki kinerja Ditjen Pajak, Fuad menyatakan akan terus meningkatkan kelengakapan data dengan memperbaiki sistem Informasi Teknologi (IT). Dia menambahkan proyek Project for Indonesia Tax Administration Reform (PINTAR) dengan Bank Dunia pun masih dalam proses pelaksanaan. Proyek ini mampu menghimpun seluruh sistem informasi dan data terkait dengan WP baik badan maupun perorangan secara nasional, sekaligus menganalisis kepatuhan WP.

"IT mau kita integrasikan di seluruh Indonesia, tahun ini mau kita integrasi dan itu tidak bisa cepat. Kalau sama World Bank itu proyek PINTAR itu masih pengadaan, jadi belum (terlaksana).

Wimpy Tjahya, sebagai kontributor pajak vibizmanagement , menambahkan bahwa pegawai pajak perlu meningkatkan kualitas dalam pelayanannya melayani masyarakat. Karena pada prinsipnya Pegawai Pajak harus dapat melayani masyarakat dengan baik. Bila Dirjen Pajak memang harus mendatangi semua pegawai di seluruh indonesia ini adalah baik, namun bila tidak di pupuk dari awal akan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab sepertinya tetap kurang efektif. Untuk meningkatkan kualitas aparat pajak mungkin perlu melakukan survey atas pegawai pajak itu sendiri, mengevaluasi bagaimana penilaian masyarakat (wajib pajak) selama ini kepada aparat pajak itu lebih efektif serta mengadakan evaluasi berkala untuk meningkatkan kinerja semua aparat.

Sumber : VibizNews

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...