China Dua Kali Melanggar Wilayah Udara India

[imagetag]

Sepanjang Maret tahun ini, pesawat-pesawat China dilaporkan telah dua kali melanggar wilayah udara India, di kawasan perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Demikian ungkap Menteri Pertahanan (Menhan) India AK Antony kepada parlemen di New Delhi, Rabu (2/5/2012).

Menurut Antony, insiden pelanggaran wilayah udara itu terjadi pada 16 dan 19 Maret. Insiden pertama bahkan melibatkan dua helikopter China, yang melintasi perbatasan kedua negara secara ilegal.

Pelanggaran tersebut terjadi di Negara Bagian Himachal Pradesh di bagian utara India, yang berbatasan langsung dengan wilayah Tibet, bagian dari China. Antony mengatakan, dua insiden ini dilaporkan ke Beijing melalui mekanisme diplomatik resmi demi menjaga perdamaian.

"Berbagai insiden transgresi dan intrusi dibahas dengan pihak China melalui berbagai mekanisme yang sudah ditetapkan, seperti sambungan telepon khusus, pertemuan pejabat militer, pertemuan personel penjaga perbatasan, dan saluran-saluran diplomatik normal. Semua mekanisme ini memfasilitasi pemeliharaan perdamaian," papar Menhan India.

China dan India pernah berperang pada tahun 1962, memperebutkan kawasan perbatasan yang disengketakan. China mengklaim seluruh wilayah Negara Bagian Arunachal Pradesh di timur laut India sebagai wilayahnya, dan juga sebagian kawasan di Provinis Kashmir.

Sejak 1962, kedua negara sudah menggelar 14 perundingan sengketa perbatasan tanpa hasil. Hingga saat ini, China masih terus menggelar infrastruktur militer yang kuat di perbatasan dengan India.

India sendiri melihat Beijing sebagai ancaman jangka panjang negara itu. Beberapa pekan lalu, India menguji coba rudal balistik Agni V yang mampu mengusung hulu ledak nuklir, dan bisa menjangkau seluruh kota besar China.

Peorth 03 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...