Taur Matan Ruak Menangi Pemilihan Presiden Timor Leste

[imagetag]

Dili, Mantan gerilyawan Taur Matan Ruak telah memenangi putaran kedua pemilihan presiden Timor Leste. Ruak jauh mengungguli rivalnya, Francisco Guterres atau yang dikenal sebagai "Lu Olo".

Menurut hasil penghitungan suara sementara yang diumumkan sekretariat pemilu seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (17/4/2012), Ruak meraih 275.441 suara atau sebesar 61,23 persen. Sementara Guterres mengumpulkan 174.386 atau sebesar 38,77 persen.

Dengan hasil tersebut, Ruak dipastikan akan terpilih menjadi presiden negara muda tersebut. Hasil putaran kedua ini masih harus diperiksa oleh pengadilan banding sebelum diumumkan secara resmi.

Jika hasilnya terkonfirmasi, Ruak yang berumur 55 tahun itu akan menggantikan Presiden Jose Ramos-Horta yang berada di urutan ketiga dalam pemilihan putaran pertama pada 17 Maret lalu.

Sama seperti Guterres, Ruak juga dianggap sebagai pahlawan perang gerilya selama 24 tahun terhadap kekuasaan Indonesia. Ruak telah bertekad akan memberlakukan wajib militer jika dirinya terpilih menjadi presiden.


source

Onimusha 17 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...