Sejumlah Penerbang Asia Ubah Rute Hindari Roket Korut

[imagetag]

Terkait rencana peluncuran roket antara 12 sampai 16 April oleh Kore Utara dalam rangka memperingati 100 tahun hari lahir mendiang presiden Kim Il-sung, sejumlah maskapai penerbangan Asia mengubah rute penerbangan dan membawa bahan bakar lebih banyak. Pyongpyang sendiri sudah menyampaikan bahwa serpihan roket mereka akan jatuh di laut di sebelah barat Semenanjung Korea dan di sebelah timur Pulau Luzon, Filipina. Filipina puni sudah menyatakan daerah tersebut sebagai zona berbahaya dan melarang pesawat jenis apapun untuk melintasi kawasan tersebut.

Japan Airlines dan All Nippon Airways yang memiliki rute penerbangan Tokyo , Manila, Jakarta dan Singapura harus bergeser 200 KM kea arah barat dari rute sebelumnya demi keamanan penerbangannya.
Sementara itu, perdebatan peluncuran roket ini masih juga terjadi. Pyongpyang mengumumkan bahwa peluncuran roket tersebut adalah peluncuran satelit observasi Bumi. Sedangkan Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan mengatakan bahwa itu adalah ujicoba rudal balistik.

SUMBER

a5tut1 11 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...