Jika pemerintah, dpr, dan parpol sudah tidak bisa dipercaya lagi...

Quote:

Pemerintah semakin Sulit Dipercaya
SOSIOLOG dari Universitas Indonesia Thamrin Amal Tamagola menyebut mayoritas anggota masyarakat sudah tidak percaya lagi terhadap pemerintah. Hal itu sebagai buah dari kegagalan pemerintah membangun komunikasi dengan masyarakat.
...
Masyarakat pun, sambungnya, tidak punya cara lain untuk mengungkapkan aspirasi mereka selain lewat demonstrasi. Pasalnya, tidak cuma pemerintah, DPR juga sudah tidak dipercayai lagi oleh rakyat.
"Mau bicara sampai berbusa-busa, tidak bakal didengar oleh pemerintah dan DPR. Ini membuat masyarakat memilih demonstrasi sebagai pilihan terakhir," terangnya.
Dalam situasi psikologi masyarakat seperti itu, ia khawa*tir titik frustrasi masyarakat akan mencapai puncaknya. "Kalau sudah begini, bahaya sekali. Bagi masyarakat frustrasi, mati atau hidup sama saja, mereka tidak peduli walaupun mengorbankan nyawa, sikat saja," katanya.
...
http://www.victorynewsmedia.com/beri...dipercaya.html

Kalau pemerintah, dpr, dan partai politik sudah tidak bisa dipercaya lagi, lalu apa yang harus rakyat lakukan?

Revolusi?
Hasilnya belum tentu, rusaknya sudah pasti...

Alternatif lain adalah dengan mencontoh Mahatma Gandhi: ahimsa dan swadhesi, bahwa rakyat sebaiknya sedapat mungkin meninggalkan mereka (pemerintah, dpr, parpol), dan sedapat mungkin tidak berhubungan dengan mereka, sedapat mungkin tidak bergantung kepada mereka. Ini bagus sebagai shock therapy. Bagaimana caranya? Salah satu usulan adalah dengan menjadi golput. Jika pemilu 2014 menjadi pemilu dengan golput terbesar sepanjang sejarah Indonesia, maka semoga ini bisa menjadi tamparan yang cukup menyadarkan mereka agar tidak mempermainkan rakyat lagi.

rocano 11 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...