Misteri Balakalao di Gunung Tambora

berita-beritadotcom: Gunung Tambora menyimpan banyak misteri. Bahkan sampai saat ini banyak orang di Pulau Sumbawa yang menganggap puncak Gunung Tambora sebagai sesuatu yang misterius. Mereka menyebutkan hanya hantu yang bisa selamat bila naik ke puncak gunung itu. Apakah Wamen ESDM tersambar misteri gunung itu?

Mengapa? Banyak masyarakat yang belum pernah melihat puncak gunung itu dari arah bawah di jarak berapa pun, karena puncaknya selalu tertutup kabut. Setiap hari pada hari cerah, hanya ada waktu sekitar dua menit ketika matahari terbit untuk bisa melihat puncak gunung itu dari arah Pulau Moyo, atau dari arah barat gunung itu.

Ketika sinar matahari menerpanya, partikel-partikel belerang segera berubah menjadi kabut. Kabut itulah yang senantiasa menyelimuti puncak gunung itu setiap hari hampir sepanjang masa sejak meletus pada bulan April tahun 1815 atau 197 tahun yang lalu.

Oleh masyarakat Pulau Sumbawa, kabut itu dikenal sebagai kabut beracun atas gas beracun yang dimuntahkan oleh gunung yang dalam sejarah tercatat sebagai salah satu puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia sebelum meletus. Ketinggian Gunung Tambora sebelum meletus adalah 4.300 meter di atas permukaan laut.

Kabut itulah yang kemudian membuat Gunung Tambura menjadi sangat misterius. Mereka yang tidak mengetahui cerita tentang Gunung Tambora, tidak akan mengetahui bahwa di Pulau Sumbawa ada gunung berapi yang menjulang tinggi, karena tidak pernah bisa dilihat dengan mata telanjang.

Sejak meletus 197 tahun yang lalu, masyarakat Sumbawa menyebutnya ada 'balakalao' (pembawa malapetaka) di gunung itu. Balakalao itulah yang diyakini telah merengut banyak nyawa manusia. Ketika gunung itu meletus, tercatat 71.000 nyawa manusia melayang.

Letusan Gunung Tambora masuk dalam skala tujuh pada skala Volcanic Explosivity Index. Letusan ini empat kali lebih kuat daripada letusan gunung Krakatau tahun 1883. Saking dahsyatnya, suara letusannya terdengar sampai jarak 2.600 Km. Dan telah menyebabkan gelombang tsunami. Abu letusannya mencapai atmosfir dan menutupi cahaya matahari ke bumi selama beberapa tahun.

Ahli gunung berapi mencatat, Gunung Tambora adalah gunung berapi masih aktif. Ruang magmanya terisi penuh selama satu abad sejak meletus, artinya tahun 2012 adalah menjelang dua abad pengisian magma Tambora. Adakah kematian Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo sebagai keganasan balakalao di gunung itu?

sumber

jenglot123 22 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...