Ketua DPR: PNS Sebaiknya Hidup Lebih Sederhana

Jakarta Pegawai di lingkungan pemerintahan disarankan untuk hidup lebih sederhana. Selain untuk menghindari korupsi, gaya hidup tersebut juga dinilai menunjukkan rasa empati kepada masyarakat saat kondisi sulit.

?Menurut saya itu terserah masing-masing individu (PNS). Kalau memang memiliki kemampuan semisal punya usaha atau memang latar belakang mampu ya silakan saja. Tapi lihat-lihatlah, harus sesuai lingkungan, akan lebih baik jika bisa hidup sederhana, menunjukkan empati,? kata Ketua DPR, Marzuki Alie, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Menurut Marzuki, pilihan gaya hidup adalah hak masing-masing individu. Ia tidak melarang PNS bergaya hidup mewah. Namun Marzuki menilai, akan lebih baik jika seseorang menyesuaikan gaya hidup dengan lingkungan sekitarnya.

"Artinya kita harus memahami lingkungan kita, toleh kanan-kiri,? tuturnya.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyebut sejumlah sebab korupsi di kalangan pegawai negeri sipil (PNS). Salah satunya yakni karena budaya konsumerisme dan tuntutan gaya hidup. Gaji pas-pasan tetapi berani mengambil kredit mobil.

"Need terpaksa, pegawai per bulan gaji Rp 5 juta tapi berani-beraninya kredit mobil Hummer. Melunasi per bulan tidak bisa maka cenderung korupsi," kata Busyro.

ndemping 17 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...