Hakim Kaya Raya dan Hakim Sederhana Berebut Kursi Hakim Agung

[imagetag]


Jakarta Bursa kursi hakim agung mulai memanas. Sebab pekan depan Komisi Yudisial (KY) akan mulai melakukan wawancara terbuka terhadap 45 kandidat kuat 'Yang Mulia' tersebut. Bagaimana track record kandidat tersebut?

"Itu dilakukan untuk melihat track record dan integritas mereka. Ya hasilnya ada yang positif dan ada yang negatif. Ada yang hidup sederhana, ada juga yang hidup wah," kata juru bicara KY, Asep Rahmat Fajar, dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (16/4/2012).

Sayangnya, Asep tidak mau mengungkapkan secara detail hasil investigasi terhadap calon hakim tersebut. "Lihat saja pas hari H nya," terang Asep.

KY telah melakukan investigasi selama hampir dua bulan dengan menggandeng instansi terkait. Seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan lembaga jejaring KY pada akhir bulan April hingga awal Mei 2012.

"Yang pasti mulai 23 April sampai dengan 3 Mei 2012 ada wawancara terbuka untuk 45 calon Hakim Agung di KY," ujar Asep.

Lebih lanjut Asep mengatakan sebelum melakukan tes wawancara akan terlebih dahulu diadakan profile assessment dan pembekalan untuk calon Hakim Agung tersebut.

"Tanggal 19-20 April 2012 akan diadakan profile assessment yaitu tes kepribadian dan kesehatan calon hakim, Lalu tanggal 21-22 April akan ada pembekalan calon Hakim Agung," jelas Asep.

45 calon tersebut akan diseleksi menggantikan 5 hakim agung yang memasuki masa pensiun pada 2012. Mereka adalah, Harifin Tumpa, Atja Sondjaja, Imam Harjadi, Mieke Komar dan Dirwoto. Setelah diseleksi oleh KY, lalu nama-nama yang memenuhi kriteria akan diajukan ke DPR untuk dipilih oleh parlemen.

katefc 16 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...