4 Tips Agar Gaji Bulanan Cukup Untuk 1 Bulan

Haduh… Sekarang baru aja tanggal 24, masih ada 6 hari lagi untuk mempertahankan diri tapi duit sudah habis. Gimana ya? Masa ngutang dulu, nanti gajian uangnya pakai bayar hutang. Begitu seterusnya berputar.

Horee.. Sudah tanggal 24, besok (25) gajian nih, duitnya tinggal dikit deh pakai bayar utang [imagetag] Sad . Cukup gak ya duit saya nanti sampai gajian lagi? Yah.. Gak bisa nabung deh..

Mungkin itu adalah salah satu dari sekian banyak ungkapan dari beberapa orang saat mulai memasuki tanggal 20-an di setiap bulannya.

Terkadang, gaji yang kita dapatkan selalu habis di pertengahan bulan. Mungkin kalian merasa perusahaan memberikan gaji terlalu kecil. Padahal pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Tidak selalu hal-hal tersebut menjadi penyebabnya, bisa jadi ada yang salah dalam pengelolaan uang disetiap bulannya.

Berikut beberapa tips agar gaji bulanan yang kita dapatkan bisa untuk 1 bulan dan bisa untuk menabung juga:

1. Sisihkan Gaji Untuk Di Tabung
Pada saat pertama kali menerima gaji, sebaiknya lakukan hal ini pertama kali. Sisihkan 10-30% gaji kemudian simpan di rekening bank atau koperasi simpan pinjam. Jika membuat rekening pada bank untuk maksud menabung, jangan membuat Kartu ATM karena jika anda mempunyai kartu ATM bisa jadi suatu saat anda tidak punya uang, anda akan tergoda untuk mengambilnya terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak mengambil ataupun menggunakan uang tabungan tersebut.

2. Buat Daftar Prioritas Pengeluaran
Lakukan hal yang paling utama terlebih dahulu. Mungkin melakukan pembayaran tagihan-tagihan, listrik, telepon, air, dan sebagainya.

3. Bijaksana Saat Berbelanja
Yup, sebaiknya bijaksana lah dalam berbelanja bulanan, mingguan atau harian. Jangan langsung membeli semuanya berdasarkan keinginan dan melihat bahwa anda masih mempunyai uang lebih dari jatah belanja. Belanjalah berdasarkan kebutuhan anda saat ini.

4. Lakukan Pembatasan Dalam Penggunaan Kartu Kredit
Jika kalian memiliki kartu kredit atau kalian merasa butuh menggunakan kartu kredit, sebaiknya kalian hanya memiliki 2 kartu kredit saja dan jangan lebih. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar pembayaran tidak menjadi beban anda. Prioritaskan juga pembayaran kartu kredit dalam langkah ke-dua diatas.


sumber

(author unknown) 19 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...