Jalani Tes, Jokowi 'Sucikan' Mobil Esemka

[imagetag] [Image: 144980_walikota-solo--joko-widodo--mengg...00_225.jpg]

Sebelum diberangkatkan ke Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang, Walikota Solo, Joko Widodo menggelar upacara adat penyucian atau jemasan di Solo Techno Park. Dengan upacara ini diharapkan mobil yang sempat menjadi buah bibir di tanah air itu mendapat keselamatan dan terhindar dari halangan selama menjalani proses uji emisi.

"Saya berharap momentum itu bisa terulang kembali dengan keberhasilan mobil Esemka sebagai modil dengan prinsipan dan brand Indonesia pertama yang dibuat oleh siswa-siswa SMK Solo," kata Joko Widodo, di Solo, Kamis, 23 Februari 2012.

Jamasan dilakukan dengan adat tradisi Jawa dimana mobil Esemka dihiasi beraneka ragam rangkaian bunga, seperti bunga pandan, melati dan kantil. Tak hanya itu, di depan mobil itu juga disediakan sesajian berupa ingkung, beras gurih, sambel goreng, krupuk rambak, kedelai hitam, jajanan pasar dan buah-buahan hasil bumi. Bahkan, bejana air yang berisi kembang setaman untuk menjamasi mobil telah disiapkan.

Proses jamasan diawali dengan pembacaan doa keselamatan yang dilakukan oleh tokoh agama dari enam keyakinan. Mereka satu per satu bergiliran untuk memanjatkan doa bagi keselamatan dan kelancaran pelaksanaan uji emisi yang akan dilakukan di BTMP, Tangerang.

Usai prosesi digelar, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, menceritakan bahwa pemilik mobil pertama di Indonesia berasal dari Solo, yakni Sinuhun Susuhunan Pakubuwono X. Dia merupakan raja Keraton Surakarta, pada tahun 1894.
Jokowi mengungkapkan bahwa proses pembuatan mobil Esemka merupakan perjuangan dan kerja keras yang sangat berat. "Hak itu tidak didapatkan dari mengemis atau meminta-minta. Tetapi mendapatkannya dengan perjuangan dan kerja keras untuk menghasilkan mobil tersebut," tegasnya.

Usai memberikan sambutan, Jokowi pun langsung men-jamasi mobil Kiat Esemka dengan mengambil air di bokor atau bejana yang didoakan. Secara berturut-turut proses penjamasan dilakukan oleh Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPRD Solo YF Sukasno, anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo dan Sukiyat.

sumber

(author unknown) 23 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...