Indonesia Jajaki Kerja Sama Bidang Pertahanan dengan China

Pejabat militer senior Cina Guo Boxiong meminta adanya kerja sama yang lebih erat dalam bidang militer dengan Indonesia. Permintaan itu disampaikan Guo saat menerima kunjungan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Guo, wakil ketua Komisi Militer Pusat Cina, memuji perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara selama 62 tahun terakhir. Cina dan Indonesia memulai hubungan diplomatik pada 1950. Kedua negara menandatangani deklarasi bersama mengenai "kemitraan strategis."

"Dalam beberapa tahun terakhir, kedua negara telah menyaksikan meningkatnya pertukaran di bidang pertahanan dan keamanan, semakin eratnya kepercayaan politik dan kerjasama yang menguntungkan," kata Guo, seperti dilaporkan kantor berita Xinhua.

Ia mengatakan Cina bersedia melakukan upaya bersama dengan Indonesia untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang lain serta mendukung perdamaian, stabilitas dan kemakmuran Asia Tenggara.

Purnomo mengatakan Indonesia menyadari pentingnya kerjasama dengan Cina, termasuk dalam bidang pertahanan. Ia memberikan tinjauan positif atas perkembangan hubungan bilateral militer kedua negara.Indonesia siap mengembangkan kemitraan strategis dengan Cina dan mengawal perdamaian serta keamanan di kawasan itu.

sumber

konya 21 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...