Curigai Bantuan Pentagon ke Kemenhan RI

Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan dan luar negeri, mempertanyakan kabar bantuan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yang biasa disebut Pentagon, kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI sebesar US$ 14 juta.DPR mengaku belum pernah mendapat pernyataan resmi Kementerian di bawah asuhan Purnomo Yusgiantoro itu mengenai bantuan terkait. "Apakah bantuan itu mengikat atau ada syarat-syarat lain? Mengapa Kemenhan tak pernah menyampaikannya kepada DPR?" protes Wakil Ketua Komisi I DPR Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin, lewat pesan singkat, Minggu (19/2).

Konon, lanjutnya, bantuan sebesar itu diberikan AS untuk membangun pusat latihan pengamat militer dan pasukan penjaga perdamaian (Military Observer and Peace Keeping Force Training Center) di Bogor, Jawa Barat. Bantuan itu pun patut dipertanyakan mengingat DPR telah menyetujui anggaran untuk pembangunan pusat latihan terkait melebihi Rp 100 miliar dari APBN 2011 dan APBNP 2011 .

"Pusat latihan itu memang diperlukan untuk pelatihan para prajurit TNI yang akan melaksanakan misi perdamaian dunia, bahkan rencananya juga mau dipakai tempat latihan angkatan perang negara-negara sahabat," ungkap Anggota DPR dari Fraksi PDIP ini.

Beberapa waktu lalu, TB Hasanuddin juga mempertanyakan agenda kuliah umum yang diberikan pejabat Pentagon kepada jajaran pejabat Kementerian Pertahanan RI. Bantuan dari Negeri Paman Sam kepada dunia pertahanan Indonesia yang sempat hangat diperbincangkan selain itu adalah hibah 24 pesawat F-16 yang diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 2014.

Awas, Curigai Bantuan Pentagon ke Kemenhan RI - Pesatnews : Bukan Sekedar Berita

sang manta 20 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...