Aksi Massa Dukung Putin Dimulai

[imagetag]

Sekitar 30.000 orang turun ke jalan di pusat kota Moskwa, Kamis (23/2/2012), untuk menunjukkan dukungan kepada Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin yang mencalonkan diri pada pemilihan presiden bulan depan.

Membawa slogan "Lindungi Rusia", para pendukung Putin berjalan di sepanjang tanggul sungai di Moskwa menuju stadion olahraga Luzhniki, tempat mereka berkumpul menjelang pilpres yang akan dilangsungkan pada 4 Maret.

Sepanjang jalan, para peserta aksi ditawari teh dan pai Rusia secara gratis dari tenda-tenda yang didirikan di jalan itu. Polisi menutup tanggul begitu aksi turun ke jalan dimulai.

Juru bicara Putin Dmitry Peskov, menolak membenarkan ataupun membantah apakah pemimpin Rusia itu ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Stadion Luzhniki merupakan arena yang biasa digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola dan konser musik. Penyelenggara aksi memperkirakan 100.000 orang hadir dalam acara itu.

Aksi tersebut jelas dimaksudkan sebagai tindakan balasan terhadap tiga aksi serupa yang dilakukan kelompok oposisi sejak pemilihan umum legislatif 4 Desember lalu. Oposisi menuduh pemilu itu penuh kecurangan demi memenangkan partai pimpinan Putin, Rusia Bersatu.

Kelompok oposisi Rusia menuduh para pegawai instansi dan perusahaan pemerintah serta mahasiswa didorong bahkan dipaksa mengikuti aksi itu agar jumlah peserta banyak, sementara kaum buruh diangkut dengan bus dan kereta api ke Moskwa dari daerah.

Namun kepala tim kampanye Putin, Stanislav Govorukhin membantah tuduhan itu. "Kami tidak mengumpulkan orang, melainkan mengundang orang," katanya seperti dikutip kantor berita Interfax.

sumber

konya 23 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...