Test matik Suzuki nex Terbaru

Bagi yang minat untuk motor baru yang satu ini mungkin artikel Test Ride Suzuki nex, Si Gesit Irit
dari motorplus bisa menjadi referensi untuk pilihan motor matic baru...? Produk baru Suzuki Nex 2012

anda sekarang akan mulai bingung karena tetangga atau teman anda punya matik baru dan anda ingin tampil beda jangan kawatir ini satu pilihan baru dari suzuki yang kabarnya akan mampu bersaing dengan matik matik sekarang ini.... untuk performanya silahkan baca hasil testnya di bawah ini boleh jadi anda akan semakin PD dengan motor matic suzuki nex

Jalan-jalan ini juga menjadi tes lanjutan setelah sebelumnya first ride hanya dilakukan di lapangan parkir. Monggo disimak..

Performa
Bicara aura gesit, sudah mulai terasa dari performanya. Skubek yang punya rasio kompresi 9,4:1 diklaim bertenaga hingga 8,9 PS di 8.000 rpm, dan memiliki torsi 8,88 kgf pada 6.500 rpm.

Ketika gas diputar, langsung menyentak responsif. Nafasnya juga panjang dan terasa terus ngisi mengikuti putaran gas. Kalau diteruskan, jarum speedometer mentok di 105 km/jam. Lumayan untuk ukuran skubek 113 cc.

Untuk menyalakan mesin di kondisi dingin seperti pagi hari atau selepas hujan juga enggak ribet. Karburatornya sudah dilengkapi dengan autochoke, tidak perlu repot geser tuas choke.

Handling
Makin gesit setelah merasakan handlingnya. Dimensinya yang tidak terlalu besar membuat selap-selip di kemacetan mudah dilakukan. Apalagi skubek ini tergolong ringan dan memiliki radius belok setang cukup lebar. Enggak pernah khawatir nyangkut deh!

Uniknya, meski dan ringan lincah bukan berarti pengendaliannya menjadi limbung. Setiap buka gas selepas atau bahkan masih dalam kondisi menikung, arah motor tetap sesuai kemauan.

Suspensinya pun pas, enggak terlalu empuk atau keras. Kalau sekedar jalan bergelombang dan lubang kecil, mudah dilalui. Meski begitu, jok yang tidak terlalu lebar membuat bikers dengan pantat agak lebar bakal cepat lelah ketika harus berkendara jauh. Untung busanya empuk, lumayan mengobati.

Dimensi yang mungil dan bobotnya yang ringan juga terbukti membuat pengendara bertubuh mungil sekalipun nyaman mengendarai nex. "Ringan dan enggak perlu jinjit. Waktu belok juga ringan," beber Lala, salah satu kru wanita di redaksi.

Oiya, masih ada satu lagi yang mengganjal. Dek tempat kaki berpijak terlalu sempit. Kaki dengan sepatu ukuran 42 saja tidak terlalu leluasa memilih tempat berpijak.

Konsumsi Bahan Bakar
Lanjut ke konsumsi bahan bakar! Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 79,6 kilometer per liter. Irit banget? Jelas irit karena pengetesannya dilakukan di sirkuit Sentul dalam kondisi konstan 40 km/jam.

Nah, sekarang kita jajal dikondisi nyata. Biar makin presisi, tangki bahan bakar digantikan fungsinya pakai tabung plastik yang diisikan Pertamax sejumlah 200 ml. Bahan bakar di mangkuk karbu pun dipastikan kosong sebelumnya.

Suzuki nex diajak berjalan tak lebih dari 40 km/jam. Jalan yang dilalui juga bervariasi. Yaitu; proses stop and go, trek lurus, menanjak juga turunan.

Hasilnya, nex mampu berjalan sejauh 9 km. Jadi, buat seliter Pertamax, skubek yang punya bobot kosong 87 kg ini sanggup berjalan hingga 45 km/liter. Wah, irit juga untuk varian matik ya!  

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...