10 Fobia Paling Aneh diDunia

Inilah 10 Fobia PAling Aneh Sedunia - Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap Fobia sulit dimengerti.
10 Fobia PAling Aneh Sedunia
1. Papaphobia: takut Paus
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Dihormatisebagai seseorang yang penuh kebaikan dan sangat hebat di dunia,jutaanjemaah meiminta restunya. Terkecuali bagi mereka yang menderita“Papaphobia”, ketakutan terhadap paus atau kepausan. Gejalanya bisaberupa nafas pendek, nafas cepat, detak jantung tidak menentu,berkeringat, muak dan perasaan takut. Dan ketakutan ini mungkin tidakhanya pada paus sendiri, seseorang yang menderita papaphobia kemungkinanjuga takut pada Gereja Katolik Roma.
2. Arachibutyrophobia: takut memakan selai kacang
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Memakanselai kacang sangat menantang bagi orang-orang denganarachibutyrophobia, karena mereka akan sangat takut bila selai itu masukke mulut mereka.
3. Trichophobia: takut rambut rontok
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Kalauada rambut di makanan anda berarti anda baik-baik saja, tapi bila andamelihatnya di mana-mana, anda mungkin menderita Trichophobia. Daribahasa Yunani Thrix (rambut) dan phobia (takut), ini adalah ketakutanatau ketidaksukaan yang disebabkan melihat rambut rontok di baju atau dimanapun.
4. Nomophobia: takut bepergian tanpa kontak ponsel
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Bagaimanaperasaan anda saat ponsel anda tidak ada sinyal? Bisakah andamematikanponsel anda seharian? Apa anda telah kehabisan pulsa ataubatrai,kehilangan ponsel anda atau berada di daerah tanpa sinyal,tidak adaponsel menjadi panik adalah gejala di kebiasaan sehari-hari,disebutsebagai “Nomophobia”.
5. Ephebiphobia: takut remaja
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Pertamadisebut sebagai “takut dan segan pada remaja”, sekarang fenomena inilebih dikenal dengan “karakterisasi anak muda yang tidak teliti,berlebihan dan sensasional” di berbagai tempat di dunia. Sosiologis RayOldenburg menghubungkan slek antar generasi dan “menjauhnya remaja dariorang dewasa di masyarakat Amerika” ke “orang dewasa yang merasa anehdan takut pada remaja.” Takut remaja dan penolakannya sering disamarkandengan kebebasan antara mereka.
6. Scopophobia: takut diperhatikan
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Perasaansangat takut yang berlebihan bila diperhatikan atau dpandang,Scopophobics cenderung menghindari daerah yang ramau seperti mall dantempat berkumpul orang lainnya. Bahkan pekerjaan mudah seperti menyetirmobil bisa menjadi sangat sulit, karena penderita akan merasakanperasaan takut yang akut dan resah karena mereka merasa diperhatikan,juga oleh mobil di sebelah mereka, atau dari mobil di belakang ataudepan mereka lewat kaca spion.
7. Spectrophobia: takut cermin
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Ketakutanseperti ini menumbuhkan rasa takut yang tidak wajar pada cermin dansaat melihat bayangan sendiri. Penganalisa jiwa (psychoanalyst) SandorFerenczi membagi masalah ini ke dalam dua penyebab: takut pengetahuansendiri dan takut sifat sendiri.
8. Phagophobia: takut menelan
10 Fobia Paling Aneh diDunia
Dikeadaan lebih sejuk seorang phagophobe hanya mengkonsumsi makanan cairdan makanan lembut, ketakutan ini ditunjukkan dengan berbagai keluhanmenelan tanpa alasan fisik yang terdeteksi oleh pemeriksaan dananalisislaboratorium. Phagophobia mungkin mengarah (dan dipusingkan)pada takutmakan, dan salah makan juga kehilangan berat badan.
9. Vomitophobia: takut muntah
10 Fobia Paling Aneh diDunia

Vomitophobiaadalah takut luar biasa pada muntah dan juga pada orang muntah. Padakasus seperti ini, penderita cenderung tidak mau makan, bersosial danpergi ke pesta. Mereka mungkin sulit makan dan itulah mengapa banyakyang didiagnosa anorexic (takut gemuk), tapi bukan bulimia karenapenyakit ini juga membuat berat badan berlebih atau berat ideal.

10. Triskaidekaphobia: takut nomor 13

10 Fobia Paling Aneh diDunia
Salahsatu dari ketakutan biasa, tapi tetap dirasa bodoh, bahkan AdolfHitleradalah triskaidekaphobic. Ada istilah tersendiri untuk ketakutanpadaJum’at tanggal 13, disebut paraskavedekatriaphobia. Tetraphobiaadalahtakut pada nomor 4, lebih terkenal di Cina, Jepang dan Korea.
Sumber Hermawayne.Blogspot.com

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...