Mengungkap Misteri Buah Ajaib

Mengungkap Misteri Buah Ajaib - Buah ajaib memiliki bentuk mirip seperti cranberi namun keanehan dari buah ajaib ini adalah buah ajaib ini memiliki kemampuan untuk mengubah rasa makanan yang asam atau pahit menjadi manis. Misteri dan rahasia bagaimana buah tersebut mampu mengubah rasa tersebut saat ini telah berhasil dipecahkan dan Terungkap oleh seorang ilmuwan baru-baru ini.

Buah yang memiliki julukan Buah ajaib ini merupakan buah dari tanaman Synsepalum dulcificum yang tumbuh dan berkembang secara alami di daerah Afrika Barat. Khasiat dari buah ini adalah bisa mengubah makanan yang memiliki rasa asam atau pahit menjadi manis ,keunikan dan keanehan dari buah ini sudah lama dikenal oleh penduduk setempat. Namun, para tim peneliti dari Jepang dan Perancis lah yang dapat menjelaskan fenomena tersebut secara ilmiah.

Tim tersebut menumbuhkan sel ginjal manusia dalam sebuah cawan yang dirancang untuk memproduksi protein reseptor rasa manis.kemudian mereka menambahkan sebuah bahan kimia yang dapat menyebabkan sel-sel reseptor tersebut menyala ketika diaktifkan. Setelah itu miraculin, protein yang terdapat dalam buah ajaib yang berfungsi mengubah rasa menjadi manis, ditambahkan ke dalam cawan tersebut. Terakhir, ditambahkanlah beberapa zat yang memiliki tingkat keasaman (pH) berbeda.

Setelah melalui beberapa kali pengamatan miraculin ternyata memiliki tiga dampak berbeda pada reseptor. Pada tingkat keasaman rendah, efeknya terhadap reseptor amat kecil. Sementara itu pada tingkat keasaman sedang, miraculin mendorong reseptor untuk bereaksi. Dan pada tingkat keasaman tinggi reseptor secara otomatis aktif bereaksi.

Menurut para peneliti, perbedaan dampak itu terjadi karena protein miraculin berubah bentuk saat terkena asam. Semakin tinggi tingkat keasamannya, bentuknya akan semakin berubah. Karena protein terikat amat kuat pada reseptor pada lidah manusia, perubahan bentuk protein miraculin mengubah cara resptor lidah bereaksi ketika asam masuk ke mulut. Singkatnya, semakin tinggi pH dalam suatu zat, sehingga seseorang yang memakannya akan merasakannya menjadi semakin manis.

Hasil dari riset yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini membuka kemungkinan diciptakannya sebuah zat pemanis buatan baru. Setelah cara kerja miraculin terungkap, para peneliti berupaya untuk membuat protein tersebut di laboratorium alih-alih hanya bergantung pada sumbernya di alam.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...