Ads by BuzzCity

Pengetahuan Pengapian Murah Dan Banyak Diburu

Pengetahuan Pengapian Murah Dan Banyak Diburu



Produk peningkat performa pengapian banyak bermunculan. Dari mulai booster murah-meriah sampai koil yang katanya bisa menghasilkan api lebih besar.

Mari main ke toko Xtra Ordinary Motoshop. Sepertinya gerai di Jl. Panjang No. 39, Pos Pengumben, Jakarta Barat itu serius bermain di pengapian. Tapi, tidak sampai bakar-bakaran yang bisa bikin kebakaran. Walah!

Paling murah, booster atau stabiliser yang dijepitkan pada kabel koil. Seperti merek TDK dan 9 Power. Hanya dijual Rp 45 ribuan. “Fungsinya menstabilkan api koil,” jelas Krisna, sang bos.

Cara pasangnya juga mudah. Orang awam diyakini bisa langsung melakukannya. Yang TDK bisa dijepitkan langsung, sementara 9 Power seperti cincin, lubangnya dimasuki kabel busi.

Murah-meriah lagi yaitu cup atau cop busi tanpa hambatan. Resistannya nol kalau diukur avometer. “Walau kenyataanya ada hambatan tapi sangat kecil dibanding asli pabrikan yang bisa 1.000 kali lipat hambatannya,” tutur Krisna.

Cup atau tutup busi ini ada dua versi. Model universal untuk semua jenis motor dan khusus Mio atau Nouvo. “Agar aliran listrik hambatannya kecil,” jelasnya.

Selanjutnya yang paling mudah dipasang yaitu busi. Model peningkat performa juga banyak macamnya. Mulai dari Denso Iridium yang sudah beken. Juga NGK Iridium dan Platinum. Iridium Rp 100 ribuan, sedang Platinum Rp 35 ribuan.



Juga ada busi Nology Silver asal Ceko. Harga paling mahal, Rp 200 ribu. Ada juga Autolite from Amrik Rp 100 ribu.

Pilihan berat yaitu koil. Yang banyak ragamnya buatan Protec merek Malaysia yang diproduksi di Taiwan. Terdapat 5 tipe. “Api lebih besar dan stabil,” yakin brother yang juga anggota Prides (Pulsar Rider Society).

Model biasa seperti halnya koil motor harian. Bedanya cuma api yang dimaksimalkan. Atau ada juga koil yang dilengkapi ground seperti halnya merek Nology.

Begitu juga koil yang memang diseting khusus untuk matik. “Membuat tenaga motor jadi lebih merata. Mulai dari putaran bawah sampai atas,” promosi brother yang mengawali bisnisnya lewat online dan sekarang terang-terangan.

http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/04/13/318151/217/14/Pengetahuan-Pengapian-Murah-Dan-Banyak-Diburu

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...