Pertama Kali Putin Berdemo Bersama Buruh

Presiden terpilih Rusia, Vladimir Putin, bergabung dengan 120 ribu buruh yang menggelar demonstrasi dalam memperingati Hari Buruh Sedunia kemarin. Putin dengan didampingi Dmitry Medvedev, calon Perdana Menteri Rusia, berjalan kaki mengitari jalan-jalan di pusat Kota Moskow, ibu kota Rusia.

Bersama istri mereka, Putin dan Medvedev melewati Jalan Tverskaya, pusat belanja terbesar di Moskow, menuju Taman Manezh, yang berdekatan dengan tembok Kremlin. Di satu bar di Jalan raya Novy Arbat, keduanya sempat meneguk bir.

Putin dan Medvedev beberapa kali menyapa para demonstran. "Apa kabar?"
Para buruh yang bernaung di bawah payung Federasi Serikat Pekerja Rusia dan kelompok orang muda pro-Kremlin meneriakkan tuntutan perlindungan hak-hak buruh yang lebih baik. Mereka juga mengkritik rencana pemerintah untuk mengubah sistem pensiun.

Aksi demonstrasi buruh setiap tahun diperingati di Rusia dengan meriah dan diwarnai beberapa festival. Pemimpin tertinggi negara biasanya ikut bergabung bersama para buruh. Terakhir kali pada masa Presiden Boris Yeltsin pada 1990. Putin, yang menggantikan Yeltsin, tidak pernah lagi hadir memperingati Hari Buruh.

Maka kemunculan Putin yang pertama kali menjelang pelantikannya sebagai presiden pada 7 Mei mendatang ini diduga untuk menghitung kekuatan dukungan dari kelas pekerja terhadap dirinya yang akan memerintah dalam enam tahun mendatang. Sedangkan tekanan terhadap dirinya semakin kuat datang dari kelompok kelas pekerja intelektual atau kelas menengah.

Kelompok oposisi Rusia, yang sedianya akan menggelar demonstrasi pada peringatan Hari Buruh Sedunia kemarin, malah memutuskan tidak ikut berdemo.
Mereka berfokus pada persiapan menggelar unjuk rasa sehari sebelum pelantikan Putin. Sekitar 100 ribu orang diperkirakan meramaikan aksi itu.


SUMBER


kalo di indonesia mah ngumpet kayanya presidennya cmiiw

niapra 02 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...