Kisah Relawan Pencari Jasad Korban Sukhoi di Gunung Salak

Terpaksa Minum Sebotol untuk Berlima
[imagetag] [Image: 212644_794578_Boks_relawan.jpg]
LELAH: Abdul Muid(biru) usai evakuasi jasad korban Sukhoi Superjet 100 dari Gunung Salak, Bogor. Foto : Yuska Apitya Aji/Radar Bogor/JPNN


Ribuan relawan bahu-membahu mencari dan mengevakuasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak. Mereka bekerja tanpa kenal lelah di tengah medan berat dan cuaca yang tidak bersahabat. Seperti apa?

YUSKA APITYA AJI ISWANTO, Bogor

SUDAH empat hari Abdul Muid, 35, tidur di ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut. Anggota Taruna Siaga Bencana (Tigana) Bogor itu mulai terbiasa dengan hawa dingin di puncak Gunung Salak. Muid adalah salah seorang di antara ribuan sukarelawan yang bertugas mencari dan mengevakuasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi.

Di antara temannya sekompi, militansi dan stamina Muid memang agak terdepan. Karena itu, sejak hari pertama berada di puncak, Muid sudah tancap gas. Dia rela pergi-pulang dari puncak Gunung Salak menuju lereng hanya untuk memenuhi keperluan logistik tim gabungan yang hendak membelah jalur ke lokasi jatuhnya pesawat. Padahal, waktu tempuh yang dihabiskan Muid untuk mondar-mandir di punggung gunung itu delapan jam.

"Capek sih. Tapi, kerjaan ini kan untuk membantu orang. Sejak 2006, saya aktif menjadi relawan," ungkapnya kepada Radar Bogor (JPNN Group) di Posko Balai Embrio, Pasir Pogor, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jabar, Minggu (13/5) lalu.

Pada hari pertama dan kedua membelah Gunung Salak, aktivitas Muid dan anggotanya lebih disibukkan membuat jalur evakuasi. Pada hari ketiga, barulah dia mampu merangsek ke lokasi jatuhnya pesawat.

Lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi terbilang sulit dijamah. Berada di pundak gunung antara Puncak Salak 1 dan 2, sudut elevasi (kemiringan) tebing di crash point (titik tabrakan) hampir mencapai 90 derajat. Bila tidak berhati-hati, Muid dan rekan sejawatnya bisa celaka. Karena lewat jalur atas, tim Muid mesti turun dengan menggunakan tali sepanjang 500 meter lebih. Sementara tali yang ada di tangan hanya 200 meter.

Tak kehabisan akal, Muid dan dua orang temannya turun untuk membuka jalur yang lebih landai. Dia kemudian menyambungkan tali ke pohon untuk kemudian menjadi akses utama SAR ke titik jatuhnya pesawat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...