Dalam Urusan Usut Korupsi, KPK Klaim Terbaik di Dunia

Quote:

Komisi Pemberantasan Korupsi mengklaim sebagai salah satu lembaga pemberantasan korupsi terbaik di dunia. Ini karena KPK menjadi rujukan beberapa negara untuk model lembaga pemberantasan korupsi di negeri mereka.

"Indonesia menjadi salah satu negara di mana lembaga pemberantas korupsinya dijadikan rujukan keberhasilan selain ICAC di Hong Kong," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto di Jakarta, Selasa 15 Mei 2012.

ICAC, Independent Commisson Against Corruption, berhasil mengubah wajah kota Hong Kong dari yang semula identik dengan sindikat korupsinya menjadi salah satu yang terbersih di dunia.

Bambang mengatakan Indonesia juga bisa menjadi salah satu contoh negara yang menarik dari segi upaya pemberantasan korupsi, di mana tingkat partisipasi publik dalam memerangi korupsi di negeri ini sangat tinggi.

"Cukup banyak negara di dunia yang secara khusus meminta KPK untuk bisa menjadi adviser mereka dalam membangun lembaga pemberantasan korupsi," ujarnya.

Jawab Tudingan

Pernyataan Bambang ini sekaligus menjawab tudingan sejumlah pihak yang selama ini meragukan kapabilitas KPK. KPK bahkan kerap dianggap tebang pilih dan menyalahgunakan wewenangnya sebagai lembaga superbody.

Terpidana kasus suap Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin misalnya sempat menuding KPK merekayasa kasus suap yang membelitnya itu. KPK saat itu sampai membentuk Komite Etik untuk memeriksa beberapa pegawai dan pejabatnya.

Hasilnya, Komite Etik menyimpulkan tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan oleh pegawai dan pejabat KPK.
http://nasional.vivanews.com/news/re...rbaik-di-dunia
alahhh masih banyak kasus besar yg belom tuntas, belom pastes di klaim terbaik di dunia...
kalo masih kasian sama koruptor

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...