Bra Pintar Yang Bisa Pantau Kondisi Kesehatan Pemakainya

Quote:

[imagetag]
Quote:

Sekelompok peneliti berhasil menciptakan sebuah produk bra pintar yang bisa mendeteksi kesehatan pemakainya.

Bra canggih ini merupakan hasil karya dari sejumlah ilmuwan di University of Arkansas. Mereka menciptakan produk yang dinamakan 'e-bra' dengan memadukan teknologi nano-textile dan smartphone.

Menurut kabar yang dilansir oleh Daily Mail, Minggu (06/05/2012), 'e-bra' telah diintegrasikan dengan sensor yang dapat mengukur kesehatan vital untuk kemudian mengirimkan pesan ke jaringan nirkabel yang dapat diakses oleh dokter sebagai informasi.

Sistem yang ada dalam bra diklaim dapat memonitor tekanan darah, suhu tubuh, tingkat pernapasan, konsumsi oksigen serta beberapa aktivitas saraf. Tidak hanya itu, bra pintar ini juga memiliki fungsi lebih untuk mendeteksi serangan jantung.
Quote:

Yang paling menarik, Bra ini juga diprogram untuk mengirimkan pesan darurat melalui pesan suara atau teks jika tiba-tiba terjadi kondisi tidak normal pada tubuh. Dan dengan dilengkapi dengan sistem GPS, tim medis bisa segera mengetahui letak keberadaan sang pemakai jika kondisi darurat tersebut terjadi [imagetag]
Quote:

"Bra pintar kami bisa memantau perubahan patofisiologis secara realtime. Bahan khusus pada bra tersebut akan mengumpulkan dan mengirimkan sinyal indikator kesehatan seseorang ke lokasi yang diinginkan," jelas vijay Varadan, salah seroang ilmuwan yang terlibat dalam menciptakan bra itu.

Tim peneliti berharap bra pintar itu bisa digunakan untuk atlit sehingga mereka bisa mengukur tanda vital tubuh selama latihan melalui pantauan ponsel pintar mereka.

Saat ini, Varadan memang belum mempublikasikan temuan e-bra miliknya, namun hasil dari sistem sensor yang dibuat sudah dipublikasikan dalam Journa of Nanotechnology in Engineering and Medicine.
Sumber : Bra Pintar Yang Bisa Pantau Kondisi Kesehatan Pemakainya

ayyoub 07 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...