2025, Perekonomian Indonesia Masuk Tujuh Besar Dunia

2025, Perekonomian Indonesia Masuk Tujuh Besar Dunia

Quote:

Quote:

[imagetag]

Quote:

Menteri Koordinator Perekonomian RI, Hatta Rajasa memperkirakan, perekonomian Indonesia akan mengalami kemajuan dan menempati tujuh besar dunia pada tahun 2025 dengan pendapatan per kapita 16 ribu dolar Amerika Serikat (AS).

Dalam pemberian penghargaan untuk sembilan kepala daerah di Sumut yang disponsori Harian Seputar Indonesia di Medan, Jumat, Hatta mengatakan, perkiraan itu muncul berdasarkan peluang pengembangan berbagai potensi yang ada di tanah air.

Spoiler:
"Perkiraan itu bukan mengada-ada. Ada datanya," kata Hatta Rajasa yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Ia menjelaskan, modal utama yang sangat penting untuk meraih kemajuan tersebut adalah persatuan dan kekompakan yang dimiliki hampir seluruh lapisan bangsa Indonesia.

Pada tahun 1999, perekonomian Indonesia mengalami minus 13,3 persen akibat krisis moneter yang terjadi di berbagai sektor usaha dan industri di tanah air.

Krisis yang terjadi menyebabkan pendapatan per kapita di tanah air anjlok menjadi 500 dolar AS, sehingga hampir seluruh negara di dunia internasional beranggapan Indonesia hanya menunggu waktu untuk menjadi negara yang gagal.

Namun, ketika menghadapi tantangan serius tersebut, semangat persatuan dan kekompakan bangsa Indonesia muncul sehingga seluruh permasalahan yang muncul dapat diatasi satu per satu.

Secara perlahan tetapi pasti, perekonomian bangsa Indonesia membaik dan pendapatan per kapitanya meningkat menjadi 1.184 dolar AS pada tahun 2004.

Saat ini, pendapatan per kapita di tanah air telah mencapai 3.500 dolar AS sehingga menempatkan Indonesia dalam 17 besar negara dengan perekonomian terbaik dunia.

Membaiknya pertumbuhan ekonomi di tanah air tersebut menyebabkan banyak kepala negara dan pengusaha internasional yang semakin sering berkunjung ke Indonesia.

"Untuk tahun ini saja, kita sudah menerima 40 kepala negara. Berarti setiap minggu kita menerima tamu," katanya.

Menurut dia, Indonesia semakin menarik bagi dunia internasional karena mampu meraih kemajuan ketika bangsa lain mengalami kemunduran ekonomi.

Kemajuan ekonomi di tanah air itu dapat terlihat dari ungkapan PM Inggris, David Cameron yang menyebutkan, Indonesia sebagai negara yang banyak menjanjikan peluang dan akan terus mengalami kemajuan.

Namun, untuk semakin memberikan peluang dalam kemajuan ekonomi, pemerintah akan berupaya memperhatikan tiga hal utama, yakni adanya kepastian peraturan dan hukum, kemudahan dalam berusaha, ketersediaan infrastruktur.

Karena itu, dengan pemanfaatan berbagai potensi yang ada dan didukung semangat persatuan, Indonesia mampu meraih kemajuan ekonomi dan menempati tujuh besar dunia pada tahun 2025.


Sumber : VibizNews

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...