Wow dana reses DPR 539 Miliar

Dana Reses Anggota DPR Rp 539 Miliar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI memasuki masa reses atau libur sidang mulai Kamis, 12 April 2012, mendatang. Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) kembali melansir pemborosan di lembaga yang disebut "Wakil Rakyat" tersebut.

Berdasarkan data yang diolah dari Keppres 32 tahun 2011 tentang rincian anggaran belanja pemerintah pusat Tahun Anggaran 2012, Seknas FITRA melansir alokasi anggaran reses anggota DPR sepanjang 2012 ini mencapai Rp 539 miliar.

Demikian disampaikan Koordinator investigasi dan advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, dalam rilisnya kepada Tribunnews.com, Selasa (10/4/2012).

Dari sumber data yang sama, Uchok merinci, alokasi anggaran Setengah Triliun Rupiah itu akan digunakan untuk kunjungan kerja sesuai tata tertib sebanyak 6 kali setahun sebesar Rp 102 miliar, kunjungan kerja masa reses sebanya 4 kali setahun sebesar Rp 357 miliar, dan kunjungan kerja perorangan sebanyak satu kali setahun sebesar Rp 22 miliar.

"Kemudian, anggota Dewan juga memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp 57 miliar untuk penyerapan aspirasi masyarakat," jelasnya.

Seknas FITRA menilai anggaran ini terlalu mahal, mubazir, dan sangat memprihatinkan. Sebab, kegiatan anggota DPR di masa reser selama ini lebih banyak bersifat seremonial, justru membosankan konstituen, dan tidak bermanfaat bagi siapapun.

Dari apa yang terungkap tersebut, Seknas FITRA mendesak agar alokasi anggaran reses dikurangi, dan diharapan bisa diminimalkan dalam DIPA Perubahaan 2012 DPR RI.

pitulas 11 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...