Rusia dan AS Bersatu Dukung Jim Yong Kim Sebagai Presiden Bank Dunia

Rusia dan AS Bersatu Dukung Jim Yong Kim Sebagai Presiden Bank Dunia

[imagetag]

Jose Antonio Ocampo dari Kolombia mundur dari persaingan untuk memimpin Bank Dunia sehingga keputusannya ini menyisakan Ngozi Okonjo-Iweala dari Nigeria menantang kandidat dari Amerika Serikat yang diistimewakan.

"Jelas bahwa ini tidak didasarkan pada kelayakan dari calon tetapi sebuah `political exercise`," kata mantan menteri keuangan Kolombia dalam sebuah pernyataan kepada publik.

Ocampo juga menyalahkan kurangnya dukungan resmi dari pemerintahnya sendiri, dengan mengatakan bahwa hal itu menghambat kemampuannya untuk menggalang dukungan dari negara lain.

Spoiler:
Selalu dianggap sebagai kuda hitam dalam perlombaan tiga calon, Ocampo mengatakan ia akan memberikan dukungan kepada Menteri Keuangan Nigeria dan veteran Bank Dunia, Okonjo-Iweala dengan harapan itu bisa mempesatukan "satu calon negara-negara berkembang."

Sebelumnya Menteri Keuangan Brazil Guido Mantega mengindikasikan kelompok negara berkembang besar BRICS -- Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan -- akan mendukung calon tunggal pada Jumat malam.

"Kami akan mengambil posisi bersama dengan BRICS, membuat pilihan bersama," kata Mantega.


[imagetag]

Tetapi rencana itu tampaknya terganggu ketika Rusia pecah dari barisannya, karena Kim didukung Rusia setelah ia mengunjungi Moskow. Menteri Keuangan Rusia, Anton Siluanov menyatakannya demikian pada Jumat, 13 April 2012. Langkah ini diambil setelah Brazil mengatakan raksasa ekonomi berkembang BRICS akan mendukung calon tunggal.

"Dengan mempertimbangkan kualitas profesional, pengalaman dan kompetensi Tn. Kim, Rusia akan mendukung calon Jim Yong Kim dalam pemilihan oleh Dewan Bank Dunia," kata Siluanov seperti dikutip oleh kantor berita Interfax setelah bertemu kandidat AS.



Sumber


[imagetag]

trik-trik jitu dan tips menarik seputar investasi berupa ebook kunjungi

[imagetag]

bubblegum 16 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...