Menpera Janjikan Rumah Murah Untuk Buruh

Menpera Janjikan Rumah Murah Untuk Buruh


Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz siap merealisasikan janji Presiden SBY soal rumah murah untuk buruh. Rumah murah untuk buruh bagian dari 4 paket 'hadiah' ulang tahun bagi peringatan hari buruh 1 Mei.

"Jadi kita akan bekerja sama dengan pabrik, jadi pabrik nanti sebagai kontraktor, mereka ini yang membangun untuk pekerja, tapi kan kalau mereka nggak punya kontraktor, koperasi, kita nanti menyerahkan mereka pada Perumnas untuk membangun perumahan pekerja," kata Djan di Kantor Menko Perekonomian, Senin (30/4/2012)

Djan menuturkan program rumah untuk buruh akan tepat sasaran. Pasalnya, bagi yang mendapatkan fasilitas kredit berbunga murah dan yang berjangka panjang harus memenuhi kriteria tertentu.

"Misalnya gajinya maksimum 3,5 juta, terus kalau pekerja harus ada surat keterangan, gaji dan keterangan dari perusahaan dan harus juga ada jaminan, perusahaan kan harus menjamin,"katanya.

Menurutnya harga rumah untuk para buruh ini sekitar Rp 45 juta per unit tergantung harg tanahya. Untuk bisa mencapai harga itu, pemerintah harus memangkas tambah biaya penyambungan listrik, air, sertifikasi dan lain-lain. Djan menargetkan tahun ini akan ada 600 ribu unit rumah di semua kalangan.

"Tanahnya hak guna bangunan, tapi dia bisa tingkatkan jadi milik. Pertama hak guna bangunan, syaratnya di ajukan ke BPN, setelah sekian tahun," katanya.

Presiden SBY menyiapkan empat 'kado' istimewa untuk dibuka pada peringatan Hari Buruh esok Selasa(1/5/2012). Kado tersebut diharapkan meringankan beban para pekerja yang sebagian besar berpenghasilan rendah.

"Ada hadiah dari Presiden untuk 1 Mei besok," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/4/2012).

Tiga kado itu adalah; pekerja yang penghasilannya tidak dikenai pajak yang semula Rp 1,3 juta menjadi Rp 2 juta. Lalu pengadaan rumah sakit buruh.

"Dalam waktu dekat dibangun di Tangerang, Bekasi dan mungkin sidoarjo," sambungnya.

Kado ke tiga adalah transportasi murah untuk buruh di kawasan industri. Sebagai tahap awal akan dibeli 200 unit bus untuk wilayah Tangerang, Bekasi , Jawa Timur dan Batam.

Kado ke empat adalah pengadaan rumah murah untuk buruh. Tapi kado yang ini masih dimatangkan skemanya, apakah dalam bentuk rusunawa atau landed house yang diberi bantuan uang muka dari pemerintah.

Sumber : VibizNews


[imagetag]

Trik Jitu dan Informasi Seputar Investasi Dapat Anda Ketahui di III


[imagetag]

bubblegum 01 May, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...