Hotel Di Jabar Masih Sedikit yang Bersertifikat

Hotel Di Jabar Masih Sedikit yang Bersertifikat


Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Jawa Barat Herman Muchtar menyatakan masih sedikit hotel berbintang di Jawa Barat yang memiliki sertifikasi kualifikasi.

"Di seluruh Jawa Barat itu ada sekitar 1.500 hotel, tetapi yang memiliki sertifikasi kualifikasi baru 39 hotel," ujar Herman di Bandung.

Padahal, lanjut dia, sertifikasi kualifikasi yang menganut standar internasional tersebut telah diwajibkan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak dua tahun lalu.

"Persoalannya, hotel-hotel yang berdirinya sudah agak lama misalkan 10 atau 20 tahun lalu harus melakukan renovasi atau penambahan fasilitas agar kualifikasi bintangnya tidak turun. Hotel bintang lima yang dibangun 10 tahun lalu, misalnya, bisa saja saat ini tidak bisa lagi dikualifikasi sebagai hotel bintang lima apabila tidak ada renovasi dan penambahan fasilitas," jelas Herman.

Selain itu, sertifikasi tersebut sebenarnya diperlukan oleh hotel yang bersangkutan agar memiliki citra yang baik di mata konsumen.

"Jangan sampai konsumen kecewa karena tidak mendapatkan layanan hotel bintang lima ketika mereka menginap di hotel bintang lima di Jawa Barat karena hotel tersebut sebenarnya tidak memenuhi standar kualifikasi," tutur Herman.

Meski demikian, kata dia, PHRI tetap mengimbau hotel-hotel yang berada di Jawa Barat untuk mengajukan sertifikasi yang dikeluarkan oleh PHRI atau lembaga sejenis yang harus melalui izin Gubernur.

Ia menjelaskan pada dasarnya terdapat beberapa persyaratan teknis dan persyaratan operasional yang harus diperoleh sebuah hotel untuk memperoleh kualifikasi bintang tertentu.

Persyaratan teknis mencakup izin bangunan dan analisis dampak lingkungan. Sedangkan persyaratan operasional diantaranya mencakup fasilitas hotel dan jumlah karyawan yang memiliki basis pendidikan pariwisata dan sertifikat profesi.

"Sebaliknya, kami juga meminta kepada pemerintah provinsi agar hotel-hotel yang ingin mengajukan sertifikasi tidak dipersulit untuk memenuhi pesyaratan-persyaratan itu," ujar Herman.

Pada 26 April 2012, sebanyak 11 hotel kelas berbintang di Jawa Barat baru mendapatkan sertifikasi hotel berbintang dari Gubernur Jawa Barat. Hotel itu antara lain Hotel The Papandayan, Hotel Aston Primera, Hotel Harris Festival, Hotel Delonix dan Hotel Salak.

Bersamaan dengan penyerahan sertifikasi tersebut, Dinad Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat juga mengadakan pelatihan mengenai manajemen perencanaan hotel dan klasifikasi hotel bintang yang diikuti oleh 75 peserta dari PHRI Jawa Barat.


Sumber : VibizNews

Trik Jitu dan Informasi Seputar Investasi Dapat Anda Ketahui di III


[imagetag]

bubblegum 27 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...