Duh! Kaset Listening Bahasa Inggris UN Siswa SMK di Toraja Tertukar

[imagetag]

Ujian Nasional di Toraja, Sulsel, hari ini tidak berlangsung mulus. Pasalnya kaset soal listening Bahasa Inggris untuk siswa SMK tertukar dengan siswa SMA. Siswa SMK memilih tidak mengisi soal tersebut dan akibatnya harus mengikuti ujian ulang pada 24 April mendatang.

"Kesalahan pengisian kaset listening bahasa Inggris yang harusnya buat SMK malah diisi lembar untuk SMA. Akhirnya panitia setempat mengambil langkah yaitu mengosongkan lembar jawaban terkait soal itu," ujar Aman Wirakartakusumah, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Aman mengatakan itu dalam jumpa pers di gedung Kemendiknas, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Menurut Aman, pihaknya sudah berembuk bahwa terkait masalah itu akan dilakukan ujian ulang hanya untuk bagian listening bahasa Inggris saja. Ujian ulangan akan memakan waktu 15 menit. Sedangkan total siswa SMK yang ikut 1.705.

"Kita minta para siswa tetap tenang. Tindakan ini fairness karena semua siswa harus menjawab semua soal UN. Mudah-mudahan masyarakat Toraja bisa mengerti solusi kami," kata Aman.

Sedangkan untuk siswa SMA, lanjut Aman, tidak dilakukan ujian susulan. Sebab siswa SMA tetap mengisi lembar jawaban soal itu.

Aman menuturkan, soal listening bahasa Inggris SMA dan SMK ada perbedaan tapi tidak konkret. "Karena pihak SMA mengisi akan kami proses. Kalau SMK tidak mengisi karena itu kita lakukan ujian susulan," tutur Aman.

Sumber:

bollett 19 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...