Alex - Jokowi Saling Ledek

Quote:

SOLO sama SUMSEL : Gak bisa dibandingin BRO !!!
Bandingin SUMSEL sama DKI sama2 propinsi..

Bakal calon Gubernur (cagub) DKI Jokowi rupanya sudah tahu jika cagub Alex Noerdin berhasil mengaplikasikan layanan kesehatan gratis di Sumatera Selatan (Sumsel).

Bahkan, layanan kesehatan gratis pun sudah menjadi visi Alex untuk DKI Jakarta. Karena itu, dalam acara debat visi-misi cagub di Aula Terapung Universitas Indonesia (UI), Jumat (27/4), Jokowi ingin mengetahui sejauh mana layanan kesehatan gratis diaplikasikan di DKI Jakarta.

"Saya dengar, Pak Alex-Nono ingin bangun sistem kesehatan. Saya mau bertanya pada Pak Alex, bagaimana sistem kesehatan di DKI dijalankan, bukan anggaran," ujar Jokowi diiringi tepuk tangan dan tawa penonton.

Pertanyaan Jokowi ini tidak membuat Alex panik. Malah, wajahnya tersenyum, sebab dia menilai dirinya banyak berpengalaman dalam menangani urusan kesehatan hingga mengaplikasikan kesehatan gratis.

Karena itu, kata Alex, bidang kesehatan adalah "makanan sehari-hari" yang berhasil diurus oleh Alex di Sumsel.

"Kebetulan kita punya banyak pengalaman untuk itu. Di bidang kesehatan adalah makanan kita," ujar Alex.

Mendengar jawaban Alex, sontak Jokowi pun tertawa dan penonton lain bertepuk tangan.

Jokowi tidak puas dengan jawaban singkat Alex. Jokowi tetap menginginkan bagaimana solusi Alex agar sistem pelayanan kesehatan gratis itu terintegrasi di Jakarta.

"Harus pakai e-KTP Pak Jokowi. Satu saja, jangan banyak-banyak kartu," cetus Alex.

Alex menjelaskan, sistem pelayanan kesehatan menjadi lebih baik jika semua penduduk mempunyai e-KTP. Dengan demikian, warga miskin tidak harus membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) setiap kali sakit.

"Cukup e-KTP saja. Tidak perlu banyak-banyak kartu. Satu kartu saja e-KTP," ujar Alex sambil menunjukkan e-KTP yang diambil dari saku bajunya. Rupanya e-KTP tersebut sudah disipkan Alex sebelumnya.

Alex lalu membanggakan dirinya sebagai gubernur yang pertama kali berhasil menerapkan e-KTP di Sumsel.

Namun, tidak ketinggalan, Jokowi juga membanggakan dirinya, "Saya juga di Solo sudah selesai e-KTP," timpal Jokowi.

Jokowi terus menyela. Ia mengakui e-KTP berfungsi untuk banyak hal seperti pembuatan paspor, layanan kesehatan dan lain-lain. "Tapi apakah itu mungkin di Jakarta," ujarnya.

"Itu kan Jakarta, karena belum beres e-KTP. Makanya kita datang untuk beresin Jakarta," timpal Alex diikuti tepuk tangan penonton yang hadir.

Jokowi tetap berupaya mencari titik lemah Alex. Kebetulan, sebelumnya Alex mengatakan bahwa seluruh kepala daerah harus sukseskan e-KTP.

Menurut Jokowi, e-KTP merupakan produk pemerintah pusat karena itu susah untuk diselesaikan cepat. "e-KTP kan produk pemerintah pusat. Kita terbuka saja," ujar Jokowi.

Namun, Alex kembali menimpali, "Memang betul e-KTP adalah produk pemerintah pusat, tapi harus didorong 100 persen oleh kepala daerah. Contohnya Sumsel." Lagi-lagi, Alex membanggakan dirinya di depan Jokowi. (*/OL-9)

bahpaijo 29 Apr, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...