Kompensasi BBM Ada 4 Paket

Pemerintah menyiapkan empat paket kompensasi sebagai imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Ada 18,5 juta warga miskin yang sudah didata pemerintah berdasarkan data dari BPS. Jumlah itu merupakan 30 persen warga termiskin dari total warga miskin di Indonesia.

[imagetag]

Keempat paket kompensasi tersebut, yaitu:

Pertama, penambahan frekuensi jatah beras untuk rakyat miskin menjadi 14 kali dalam setahun, dari sebelumnya 12 kali dalam setahun. Harga raskin tetap dipatok Rp1.600 per liter.

Kedua, pemberian beasiswa untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin selama 6 bulan.

Ketiga, alokasi dana Rp5 triliun untuk kompensasi di sektor transportasi. Kompensasi untuk sektor transportasi ini disediakan untuk meredam kenaikan tarif angkutan umum yang tinggi setelah terjadi kenaikan harga BBM. Mekanisme penyaluran dana kompensasi itu akan diserahkan kepada kementerian terkait.

Keempat, yaitu penyaluran dana bantuan langsung tunai yang sekarang namanya diubah menjadi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Penerima dana itu akan menerima dana tunai Rp 150.000 per bulan selama 9 bulan atau hingga Desember 2012. Penyaluran akan dilakukan selama tiga kali, atau per 3 bulan. Artinya sekali penyaluran masyarakat akan mengantongi uang Rp450.000.

Ada 18,5 juta warga miskin yang sudah didata pemerintah berdasarkan data dari BPS. Jumlah itu merupakan 30 persen warga termiskin dari total warga miskin di Indonesia.

Baca kelanjutannya : Plasadana.com :: Kompensasi BBM Ada 4 Paket

iandi 15 Mar, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...