Rifai: Komisioner LPSK Dorong Rosa Ungkap si Menteri

[imagetag]


Achmad Rifai, kuasa hukum Mindo Rosalina Manulang (terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games) mempertanyakan langkah Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang mengkaji ulang upaya perlindungan terhadap kliennya pasca Rosa melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi soal seorang menteri yang diduga meminta fee kepadanya. Pasalnya, kata Rifai, salah seorang komisioner LPSK turut mendorong Rosa mengungkapkan soal menteri itu.


Komisioner itu, menurut Rifai, ikut dalam perbincangan saat Rosa pertama kali bercerita soal menteri itu kepada Rifai. "Bertiga, dia (Rosa) cerita pernah dimintain pejabat negara. Salah satu komisioner LPSK bilang 'ungkap saja supaya semua jadi jelas, terangkan pada Pak Rifai, biar Pak Rifai yang melaporkannya," ujar Rifai menirukan komisioner LPSK itu di Jakarta, Minggu (26/2/2012).


Kini, menurut Rifai, LPSK melarang dia bertemu dengan Rosa. Entah apa alasannya, Sabtu (25/2/2012) Rifai mengaku tidak boleh menemui kliennya itu di rumah aman, tempat Rosa ditahan selama berada di bawah perlindungan LPSK. Jumat (24/2/2012), LPSK mengeluarkan siaran pers yang mengatakan kalau lembaga itu akan mengkaji ulang upaya perlindungan terhadap Rosa.


Hal itu dilakukan menyusul langkah Rifai mengungkapkan menteri peminta fee itu ke media. LPSK menilai, tindakan Rifai ini justru akan membahayakan Rosa. LPSK juga akan mengecek keabsahan status Rifai sebagai kuasa hukum Rosa. Menurut pihak LPSK, Rifai belum menyerahkan surat kuasa penunjukkan dirinya sebagai kuasa hukum Rosa ke LPSK. Sementara menurut Rifai, pihaknya telah menyerahkan surat kuasa atas pembelaan Rosa itu ke LPSK. "Kalau itu dibilang tidak koordinasi (dengan LPSK), omong kosong. Surat kuasa sudah saya sampaikan, pagi-pagi saya datangi LPSK," ungkapnya.


Surat kuasa itu, kata Rifai, juga sudah disampaikannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. "Kalau salah satu komisioner mengatakan apakah Rifai kuasa hukumnya, makin memperjelas lemahnya koordinasi di situ (di LPSK), makin menanyakan ada apa ini sebenarnya," ucap Rifai.


sumber

konya 27 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...