Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Digunakan

[imagetag] [Image: dm-WCF7.png]

Tanggal 10 Desember 1868 adalah untuk pertama kalinya penggunaan lampu lalu lintas sebagai alat pengaturan lalu lintas. Lampu itu dipasang di luar Gedung Parlemen, London, Inggris.

Lampu itu dipasang oleh insinyur perkeretaapian bernama JP Knight. Saat itu lampu lalu lintas yang dipasang sangat sederhana dan mengadopsi sistem persinyalan perjalanan kereta api. Petunjuknya menggunakan gagang semapur seperti di sinyal kereta (jika gagang menunjuk mendatar berarti stop dan jika miring go).

Lampu lalu lintas tersebut memang hanya ada dua tanda, yaitu merah dan hijau. Gagang semapur akan menunjuk ke arah tanda merah jika menunjukkan harus stop dan menunjuk ke tanda hijau jika harus jalan (go). Pada malam hari tanda merah dan hijau itu diterangi oleh lampu yang tenaganya bersumber dari gas dan dioperasikan secara manual.

Pada 2 Januari 1869 terjadi kecelakaan ketika lampu itu meledak dan melukai seorang polisi yang bertugas hingga harus dioperasi. Selain itu pada penerapannya, lampu dengan sinyal dua tanda (merah dan hijau) itu kurang efektif. Tak ada jeda antara harus stop dan go sehingga masih sering terjadi tabrakan kereta kuda di perempatan jalan.

Sistem tiga lampu (merah, hijau, kuning) baru ditemukan pada awal abad ke-20 (1900-an). Adalah seorang polisi lalu lintas Detroit, Amerika Serikat, yang menemukan sistem itu pada tahun 1920 bernama William Potts. Saat itu sistem sinyal lalu lintas masih manual. Potts yang bertugas mengatur sinyal lalu lintas merasa kerepotan untuk mengganti antara sinyal merah dan hijau. Mungkin karena tak ada jarak antara perintah berhenti (stop) dari satu arah ke perintah jalan (go) di arah lain. Dengan adanya tanda (lampu kuning), jadi ada jarak bagi polisi dan pengendara untuk siap-siap jalan (go) atau bersiap untuk berhenti.

Tower lampu lalu lintas di perempatan jalan pertama kali dipasang di Woodward (Oklahoma) dan Michigan Avenue (Chicago) pada Oktober 1920. Di tower itu dipasang 12 lampu, masing-masing tiga lampu untuk satu arah jalan. Sejak itulah lampu lalu lintas diperkenalkan.

sumber: andriewongso.com

(author unknown) 28 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...