China Hanya Butuh 15 Hari Untuk Bangun Hotel 30 Lantai

Spoiler:
Maaf Gan Kalau Repost :viva: :viva: :viva:


Quote:

[imagetag]

Quote:

China sang negara super power abad 21 kembali membuat rekor baru di dunia modern ini. Tak hanya berkembang pesat dalam dunia teknologi komputer dan eknomi, kali ini China menciptakan rekor baru yang belum pernah ada di dunia: "Membangun hotel 30 lantai hanya dalam 15 hari".

Sepertinya tak masuk akal, tapi memang demikian benarnya seperti diceritakan Daily Mail. Sebuah perusahaan konstruksi di China membangun Ark Hotel dengan luas 55.7784 meter persegi dalam waktu 360 jam atau 15 hari.

Ini kali kedua China menorehkan rekor dalam dunia bangun membangun. Sebelum hotel ini, China pernah membangun bangunan 15 lantai dalam waktu 6 hari.

Bukan hanya rekor soal kecepatan membangun, tapi juga rekor faktor keselamatan. Dalam pemecahan rekor tersebut tak ada satu orang pun pekerja yang cedera. Sebuah prestasi yang membuat dunia iri pada China.

Hotel buatan Broad Grup yang berlokasi di pinggiran danau Dongting, Hunan tersebut diklaim sanggup menahan gempa bumi hingga berkekuatan 9,0 SR. Oleh Akademi Penelitian Bangunan China, hotel ini dianggap lima kali lebih kuat menghadapi gempa daripada bangunan hotel pada umumnya.

Meskipun seandainya perusahaan konstruksi tersebut mempersiapkan bahan dan peralatan sebelum memulai membangun, membuat hotel 30 lantai bukanlah sebuah hal mudah apalagi dalam 15 hari.

Dalam dua tahun terakhir, Broad Group berhasil menunjukkan pada dunia bahwa mereka bisa mendirikan bangunan dalam hitungan hari, bahkan dalam hitungan jam. CABR melakukan serangkaian tes gempa pada model simulasi bangunan sejenis T30. Hasilnya, gedung tersebut mampu bertahan menghadapi gempa dengan kekuatan 7,0-9,0 skala Richter.

Pembangunan gedung ini merupakan pengembangan teknologi konstruksi setelah tragedi gempa 8,0 skala Richter yang menewaskan 70 ribu warga pada 2008 lalu. Pertama kali, tahun 2010, Broad Group berhasil merakit paviliun berlantai enam dalam waktu 24 jam. Lalu perusahaan itu mendirikan gedung 15 lantai selama enam hari di 2010. Dan kali ini membangun T30 dalam waktu 360 jam. Berdasarkan siaran pers China Academy of Building Research, T30 dibangun dengan sistem struktur yang baru dikembangkan Broad Building.

a5tut1 20 Feb, 2012

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...