Terungkap Gadget 'GPS' Menakjubkan Bangsa Viking

Terungkap Gadget 'GPS' Menakjubkan Bangsa Viking , London – Pelaut Viking dari legenda kuno ternyata memiliki gadget canggih yang mampu menuntun mereka saat sedang berlayar. Segala kondisi cuaca menjadi tak ada artinya bagi mereka.
Terungkap Gadget 'GPS' Menakjubkan Bangsa Viking

Menurut hasil studi terbaru, para pelaut Viking ini menggunakan batu matahari misterius untuk mencari posisi matahari di kondisi berawan. Sebelum kompas muncul, bangsa petualang ini pergi ribuan kilometer menjelajah samudera ke arah Greenland.
Bahkan, sejauh Amerika Utara seabad sebelum Christopher Columbus berlayar. Bukti menunjukkan, navigasi pelaut ini dilakukan dengan membaca posisi matahari dan bintang bersamaan pengetahuan pada pertanda, arus dan gelombang.

Di sisi lain, bagaimana bangsa ini mengarungi laut di lintang utara yang memiliki cahaya sedikit dan kondisi berkabut masih menjadi misteri. Kini seperti dikutip DM, tim peneliti internasional pimpinan Guy Ropars dari University of Rennes di Inggris menemukan jawabannya.

Bangsa Viking menggunakan kristal kalsit pemecah cahaya untuk mengetahui posisi matahari dan Ropars yakin, pelaut bangsa penjelajah ini menyadarinya.
Untuk menghindari kesalahan saat matahari tak muncul, bangsa Viking diketahui menggunakan kristal ini, katanya seperti diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society A: Mathematical and Physical Sciences.
sumber:http://teknologi.inilah.com/read/detail/1792430/terungkap-gadget-gps-menakjubkan-bangsa-viking

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...